APLIKASI PROGRAM VISUAL BASIC 6.0 UNTUK PENGENDALIAN KUALITAS PRODUKSI MENGGUNAKAN CHART CONTROL PROPORSI PADA CV TIRNITY OPTIMUM PRATAMA DI KOTA KENDAL


Mohammad Noor Fariz Maulana , 4112314033 (2017) APLIKASI PROGRAM VISUAL BASIC 6.0 UNTUK PENGENDALIAN KUALITAS PRODUKSI MENGGUNAKAN CHART CONTROL PROPORSI PADA CV TIRNITY OPTIMUM PRATAMA DI KOTA KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4112314033.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (469kB) | Preview

Abstract

CV Tirnity Optimum Pratama merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang pengolahan kayu lapis. Dalam memproduksi kayu lapis tidak menutup kemungkinan terjadi ketidaksesuaian produk yang dapat menurunkan kualitas dari produksi kayu lapis tersebut. Untuk itu diperlukan aplikasi pengendalian kualitas sebagai bahan pertimbangan evaluasi pada proses produksi. Tujuan dari penelitian ini adalah (1). Menghasilkan suatu aplikasi sistem proses pembuatan pengendalian kualitas produksi menggunakan aplikasi Visual Basic 6.0, (2). Menerapkan sistem pengendalian kualitas pada proses produksi di CV Tirnity Optimum Pratama di Kendal, (3). Mengetahui proses produksi CV Tirnity Optimum Pratama terkendali secara statistik dengan menggunakan chart control produksi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah identifikasi masalah, perumusan masalah, metode pengumpulan data, metode analisis data dan perancangan aplikasi. Proses pembuatan aplikasi dibagi menjadi 3 tahapan, yaitu (1). Prosedur rancangan aplikasi, (2) Prosedur pembuatan desain aplikasi, (3). Prosedur pembuatan coding. Hasil analisis dari penelitian ini adalah (1). Alur kerja dari aplikasi chart control proporsi dimulai dari menginputkan data, membuat diagram pareto, analisis menggunakan chart control (p) dan mencetak dalam bentuk laporan, (2). Pengimplementasian aplikasi chart control proporsi dapat membantu CV Tirnity Optimum Pratama untuk mengendalikan kualitas produksinya, (3) proses produksi kayu lapis di CV Tirnity Optimum Pratama di Kendal untuk bulan Maret 2017 tidak terkendali secara statistik. Hal ini disebabkan terdapat 12 titik yang berada diluar batas limit kontrol atas (LKA) dan limit kontrol bawah (LKB). Karena besarnya tiap pengamatan berbeda, maka diperoleh batas kontrol yang berbeda tiap harinya. Hasil ini dibuktikan dengan aplikasi chart control proporsi yang dimplementasikan menggunakan program Visual Basic 6.0. Berdasarkan hasil penelitian ini penulis berharap ada tindak lanjut dari perusahaan untuk memperbaiki mutu produk yang telah diproduksi, sehingga dapat menekan ketidaksesuaian pada hasil produksi agar konsumen merasa puas dengan produk yang telah dibeli.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Diagram Kontrol Proporsi, Microsoft Visual Basic, Pengendalian Kualitas Statistik, Produksi Kayu Lapis.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
T Technology > Computer Engineering
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika Terapan dan Komputasi, D3
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 09 Apr 2019 15:01
Last Modified: 09 Apr 2019 15:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32405

Actions (login required)

View Item View Item