ANALISIS FAKTOR INDEKS HARGA KONSUMEN YANG MEMPENGARUHI LAJU INFLASI DI INDONESIA PADA BULAN JANUARI TAHUN 2014 s/d BULAN MEI TAHUN 2017


Fachri Aghnia Rifani , 4112314019 (2017) ANALISIS FAKTOR INDEKS HARGA KONSUMEN YANG MEMPENGARUHI LAJU INFLASI DI INDONESIA PADA BULAN JANUARI TAHUN 2014 s/d BULAN MEI TAHUN 2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4112314019.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (307kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mencari faktor dari Indeks Harga Konsumen akan yang mempengaruhi laju inflasi di Indonesia dengan bantuan aplikasi SPSS 18. Analisis faktor merupakan sebuah teknik yang digunakan untuk mencari faktorfaktor yang mampu menjelaskan hubungan atau korelasi antara berbagai indikator independent yang diobservasi. Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), Indeks Harga Konsumen pada Kelompok Pengeluaran yang terdiri dari 7 macam Kelompok dan terbagi menjadi 36 Sub-sub Kelompok Pengeluaran. Banyaknya sub kelompok pengeluaran maka tidak semuanya dianalisis untuk menentukan faktor yang mempengaruhi laju inflasi. Analisis faktor menggunakan kelompok dari komoditas yang terbesar untuk dianalisis lebih lanjut. Kelompok yang digunakan dalam analisis faktor antara lain, (1) Bahan Makanan, (2)Makanan Jadi, Minuman, Rokok dan Tembakau, (3) Perumahan, Air, Listrik, Gas dan Bahan Bakar, (4) Sandang, (5) Kesehatan, (6) Pendidikan, Rekreasi dan Olahraga, (7) Transportasi dan Komunikasi. Hasil analisis faktor yang telah dilakukan didapatkan bahwa laju inflasi di Indonesia dipengaruhi oleh kelompok Faktor yang terbentuk, antara lain makanan, minuman, rokok dan tembakau ; kesehatan ; pendidikan, rekreasi dan olahraga ; perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar ; bahan makanan ; transport, komunikasi dan jasa keuangan ; sandang. Dari beberapa kelompok pengeluaran Indeks Harga Konsumen, kelompok Makanan, minuman, rokok dan tembakau adalah kelompok faktor yang paling berpengaruh terhadap laju inflasi di Indonesia dengan korelasi sebesar 0,995.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis Faktor, Indeks Harga Konsumen
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika Terapan dan Komputasi, D3
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 09 Apr 2019 14:27
Last Modified: 09 Apr 2019 14:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32401

Actions (login required)

View Item View Item