IMPLEMENTASI METODE ANALYTIC NETWORK PROCESS PADA SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN PENERIMA BEASISWA DI RUMAH AMAL LAZIS UNNES


Primana Oky Rahmanda , 4611412031 (2017) IMPLEMENTASI METODE ANALYTIC NETWORK PROCESS PADA SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN PENERIMA BEASISWA DI RUMAH AMAL LAZIS UNNES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4611412031.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (620kB) | Preview

Abstract

Beasiswa merupakan salah satu bentuk pemberian maupun penghargaan berupa bantuan dana yang diberikan kepada mahasiswa untuk digunakan demi keberlangsungan selama menempuh pendidikan. Pemberian beasiswa kepada mahasiswa berprestasi yang berasal dari keluarga secara ekonomi tidak mampu dilakukan oleh Rumah Amal Lazis UNNES setiap tahunnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengimplementasikan metode Analytic Network Process (ANP) pada sistem pendukung keputusan penentuan penerima beasiswa di Rumah Amal Lazis UNNES. Dalam menentukan penerima beasiswa dilakukan proses penyeleksian layak atau tidaknya mahasiswa menerima beasiswa berdasarkan beberapa kriteria-kriteria yang telah ditetapkan sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan. Kriteria yang menjadi bahan pertimbangan pengambilan keputusan penerima beasiswa antara lain, pekerjaan orang tua, penghasilan orang tua, jumlah/ grade Uang Kuliah Tunggal (UKT), nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK). Adanya beberapa kriteria yang digunakan untuk penentuan penerima beasiswa dapat menyulitkan pihak penyeleksi dalam pengambilan keputusan. Maka dari itu, untuk membantu pihak penyeleksi dalam menetapkan layak atau tidaknya mahasiswa menerima beasiswa dibutuhkan sebuah sistem pendukung keputusan. Metode yang digunakan dalam pembuatan sistem ini menggunakan metode Analytic Network Process (ANP). Setiap kriteria yang menjadi parameter tersebut ditentukan tingkat kepentingan dan rasio konsistensinya pada setiap alternatif (calon penerima beasiswa). Selanjutnya dinormalisasi dan dikalikan dengan matriks perbandingan berpasangan antar kriteria. Proses terakhir adalah perangkingan dimana nilai total tertinggi merupakan alternatif terbaik. Hasil dari penelitian ini adalah berupa keputusan semi terstruktur yang didapat dari proses metode ANP sehingga didapatlah beasiswa untuk mahasiswa yang berhak mendapatkan sesuai dengan hasil perangkingan yang terbaik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Beasiswa, Sistem Pendukung Keputusan, Metode Analytic Network Process, Perangkingan.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
T Technology > Computer Engineering
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Komputer, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 05 Mar 2019 13:30
Last Modified: 05 Mar 2019 13:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32380

Actions (login required)

View Item View Item