AKTIVITAS ANTIOKSIDAN JUS KULIT BUAH NAGA MERAH (Hylocereus polyrhizus) TERHADAP KADAR ASAM URAT DAN TINGKAT KERUSAKAN GINJAL TIKUS WISTAR


Istifa Baharsyah , 4411412008 (2017) AKTIVITAS ANTIOKSIDAN JUS KULIT BUAH NAGA MERAH (Hylocereus polyrhizus) TERHADAP KADAR ASAM URAT DAN TINGKAT KERUSAKAN GINJAL TIKUS WISTAR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4411412008.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (691kB) | Preview

Abstract

Mengkonsumsi terlalu banyak protein hewani berpurin tinggi, dapat menyebabkan hiperurisemia. Hiperurisemia adalah kondisi dengan kadar asam urat darah diatas normal. Hal tersebut menyebabkan radikal bebas dalam darah juga tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji aktivitas antioksidan jus kulit buah naga merah (Hylocereus polyrhizus) terhadap kadar asam urat dan tingkat kerusakan ginjal tikus wistar. Desain penelitian ini adalah post test randomized control design, menggunakan enam kelompok tikus (K1-K6) yang diberi perlakuan selama 30 hari. Tikus K1 diberi makan dan minum standar, K2 diberi hati ayam dan allopurinol, K3 diberi hati ayam, K4 diberi hati ayam dan jus kulit buah naga merah 6 mg/200gBB, K5 jus hati ayam dan jus kulit buah naga merah 5 mg/200gBB, K6 diberi hati ayam dan dan vit C 2,4 mg/200gBB. Data yang dikumpulkan adalah kadar asam urat, kadar malondialdehid (MDA), dan tingkat kerusakan struktur ginjal tikus. Data dianalisis menggunakan Anova, dilanjutkan dengan uji DMRT. Hasil penelitian menunjukkan adanya kadar asam urat yang berbeda secara signifikan antara tikus kelompok kontrol dan kelompok tikus yang diberi jus kulit buah naga merah. Hasil penelitian juga menunjukkan tidak ada beda signifikan antara tingkat kerusakan ginjal tikus normal dengan tingkat kerusakan ginjal tikus yang diberi jus kulit buah naga merah. Kesimpulannya aktivitas antioksidan yang terkandung pada jus kulit buah naga merah (Hylocereus polyrhizus) mampu menjaga kadar asam urat tetap normal dan mampu melindungi struktur ginjal tikus wistar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hylocereus polyrhizus, kadar asam urat, tingkat kerusakan ginjal.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 01 Mar 2019 13:11
Last Modified: 29 Mar 2019 17:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32355

Actions (login required)

View Item View Item