PENGARUH EKSTRAK DAUN CINCAU HIJAU (Premna oblongifolia MERR) TERHADAP KADAR HDL, LDL DAN KOLESTEROL TOTAL SERUM DARAH TIKUS PUTIH (Rattus norvegicus) HIPERKOLESTEROLEMIA


Dyah Wulandhari , 4411411018 (2017) PENGARUH EKSTRAK DAUN CINCAU HIJAU (Premna oblongifolia MERR) TERHADAP KADAR HDL, LDL DAN KOLESTEROL TOTAL SERUM DARAH TIKUS PUTIH (Rattus norvegicus) HIPERKOLESTEROLEMIA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4411411018.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (550kB) | Preview

Abstract

Hiperkolesterolemi adalah penyakit gangguan metabolisme yang disebabkan oleh kadar kolesterol dalam darah yang melebihi batas normal. Hiperkolesterolemi merupakan faktor terpenting terjadinya penyakit aterosklesrosis dan penyakit jantung koroner (PJK). Mengurangi konsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi dan meningkatkan asupan sayuran dan buah yang kaya serat dan antioksidan dapat membantu mengontrol tingginya lemak darah. Daun cincau hijau (Premna oblongifolia Merr) mempunyai kandungan senyawa yang diduga dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL dan menurunkan kadar kolesterol LDL dan kolesterol total darah. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh ekstrak daun cincau hijau (Premna oblongifolia Merr) terhadap kadar HDL, LDL, dan kolesterol total serum darah tikus putih (Rattus norvegicus) hiperkolesterolemi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental laboratorik jenis rancangan post test randomized Control group design. Sampel penelitian adalah 20 tikus jantan hiperkolesterolemi yang berumur sekitar 8 minggu, tikus dibuat hiperkolesterolemi dengan diinduksi minyak babi 2 ml selama 14 hari. Sebanyak 20 ekor tikus dibagi menjadi 4 kelompok masingmasing kelompok terdiri dari 5 ekor. Kelompok I diberi aquades sebagai kontrol, kelompok II diberi induksi ekstrak daun cincau hijau 27 mg/ekor, kelompok III diberi induksi eksrak daun cincau hijau 54 mg/ekor, dan kelompok IV diberi induksi ekstrak daun cincau hijau 81 mg/ekor. Pemberian induksi dilakukan selama 14 hari. Kadar HDL, LDL dan kolesterol total diukur dengan menggunakan metode CHOD-PAP. Data dianalisis dengan statistika metode ANAVA satu arah dengan taraf kepercayaan 95% dilanjutkan dengan uji LSD. Hasil uji ANAVA kadar HDL menunjukkan nilai probabilitas (p) = 0,750 (p>0,05), uji LSD kadar LDL menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang bermakna antara kelompok 1 dengan kelompok perlakuan II dan IV, tetapi tidak berbeda bermakna dengan kelompok perlakuan III, dan uji LSD kadar kolesterol total menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang bermakna antara kelompok 1 dengan kelompok perlakuan II dan IV, tetapi tidak berbeda bermakna dengan kelompok perlakuan III. Dapat disimpulkan bahwa pemberian ekstrak daun cincau hijau pada tikus hiperkolesterolemi secara oral selama 2 minggu menunjukkan adanya efek yang berpengaruh terhadap kadar kolesterol total dan LDL, akan tetapi ekstrak daun cincau tidak berpengaruh terhadap kadar HDL.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Daun incau hijau, HDL, hiperkolesterolemi, kolesterol total, LDL
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 28 Feb 2019 19:58
Last Modified: 28 Feb 2019 19:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32347

Actions (login required)

View Item View Item