ANALISIS KUANTITATIF DAN KUALITATIF HASIL BELAJAR MAHASISWA MENURUT JALUR PENERIMAAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI FMIPA UNNES


Muhammad Irhas , 4401413093 (2017) ANALISIS KUANTITATIF DAN KUALITATIF HASIL BELAJAR MAHASISWA MENURUT JALUR PENERIMAAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI FMIPA UNNES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4401413093.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (281kB) | Preview

Abstract

PP RI no. 66 tahun 2010 pasal 53B(1) dan Permendiknas no. 34 tahun 2010 pasal 3(1) menyatakan bahwa satuan pendidikan tinggi yang diselenggarakan oleh pemerintah wajib menjaring peserta didik baru program sarjana melalui pola penerimaan secara nasional paling sedikit 60% dari jumlah peserta didik baru yang diterima untuk setiap Program Studi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa perbedaan hasil belajar mahasiswa menurut jalur penerimaan mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FMIPA UNNES. Penelitian ini menggunakan metode kombinasi sequential explanatory design. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FMIPA UNNES angkatan 2013 sampai 2016. Pengambilan sampel pada metode kuantitatif dengan total sampling dan metode kualitatif dengan purposive sampling. Hasil belajar mahasiswa dalam hal ini adalah IPK sebagai variabel dependen. Tingkat lingkungan keluarga, tingkat lingkungan kampus, tingkat lingkungan masyarakat, dan tingkat motivasi belajar sebagai variabel intervening, sedangkan variabel independen yaitu jalur penerimaan mahasiswa. Pengambilan data menggunakan metode studi dokumen, angket, dan wawancara. Data dianalisis menggunakan teknik deskriptif persentase, two way anova, regresi, dan analisis kualitatif Miles & Huberman (Sugiyono, 2011). Hasil penelitian menunjukkan rata-rata IPK mahasiswa jalur SNMPTN 3,32, mahasiswa jalur SBMPTN 3,29, dan mahasiswa jalur SM 3,25. Nilai sig pada uji two way anova untuk menguji perbedaan IPK menurut jalur penerimaan disebabkan tingkat lingkungan keluarga, tingkat lingkungan kampus, tingkat lingkungan masyarakat, dan tingkat motivasi belajar berturut-turut 0,834, 0,322, 0,810, dan 0,246 > 0,00 yang berarti tidak ada perbedaan IPK yang signifikan diantara mahasiswa ketiga jalur penerimaan disebabkan tingkat lingkungan keluarga, tingkat lingkungan kampus, tingkat lingkungan masyarakat, dan tingkat motivasi belajar. Hasil nilai r2 pada analisis regresi diketahui bahwa variabel yang paling berkontribusi terhadap IPK adalah tingkat lingkungan kampus (86,1%), tingkat motivasi belajar (82,2%), tingkat lingkungan keluarga (76,7%), dan yang paling tidak berpengaruh adalah tingkat lingkungan masyarakat (74,8%). Simpulan dalam penelitian ini yaitu tidak terdapat perbedaan hasil belajar mahasiswa yang signifikan menurut jalur penerimaan mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FMIPA UNNES yang dipengaruhi tingkat lingkungan keluarga, tingkat lingkungan kampus, tingkat lingkungan masyarakat, dan tingkat motivasi belajar mahasiswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, jalur penerimaan, mahasiswa.
Subjects: L Education > Special Education > Biology Education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 28 Feb 2019 19:48
Last Modified: 28 Feb 2019 19:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32345

Actions (login required)

View Item View Item