PENGARUH PEMANFAATAN SUNGAI KALIBANGER SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 5 PEKALONGAN


Dini Muthia Sari , 4401413092 (2017) PENGARUH PEMANFAATAN SUNGAI KALIBANGER SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 5 PEKALONGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4401413092.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (355kB) | Preview

Abstract

Ilmu Pengetahuan Alam merupakan ilmu yang mempelajajari fenomena yang terjadi di lingkungan siswa. Pembelajaran yang berorientasi langsung pada lingkungan siswa membuat pembelajaran menjadi bermakna karena siswa dapat melihat langsung objek yang dipelajari. Berdasarkan hasil observasi di SMP Negeri 5 Pekalongan, pembelajaran IPA belum memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar. Padahal letak sekolah dekat sumber belajar yang sesuai untuk mempelajari materi pencemaran lingkungan. Hasil belajar siswa kurang maksimal dan siswa cenderung pasif. Oleh karena itu dilakukan variasi dalam pembelajaran dengan pemanfaatan sungai Kalibanger sebagai sumber belajar materi pencemaran lingkungan. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu quasi experimental design jenis nonequivalent control group design. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dan yang digunakan sebagai kelas eksperimen adalah kelas VII F dan kelas kontrol adalah kelas VII D. Pengambilan data hasil belajar siswa menggunakan instrumen tes, sedangkan aktifitas siswa diambil dari lembar observasi dan angket. Data hasil belajar yang diperoleh nilai postest lebih tinggi dari pretest. Peningkatan hasil belajar ini terjadi akibat aktivitas belajar yang dilakukan siswa. Rekapitulasi aktivitas siswa kelas eksperimen yaitu 87,9% yang tergolong kriteria sangat aktif. Berdasarkan hasil perhitungan uji t diperoleh nilai thitung= 3,323 > 2,040 jadi H1 diterima, maka dapat disimpulkan pembelajaran pemanfaatan sungai Kalibanger sebagai sumber belajar materi pencemaran lingkungan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa SMP Negeri 5 Pekalongan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: aktivitas belajar, hasil belajar, pencemaran lingkungan, sumber belajar
Subjects: L Education > Special Education > Biology Education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 28 Feb 2019 19:41
Last Modified: 28 Feb 2019 19:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32344

Actions (login required)

View Item View Item