EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN OUTDOOR LEARNING PROCESS DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI EKOSISTEM


Fakar Farada Abidin , 4401413047 (2017) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN OUTDOOR LEARNING PROCESS DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI EKOSISTEM. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4401413047.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (199kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPA khususnya pembelajaran biologi pada materi ekosistem di SMP N 3 Pegandon masih menggunakan metode pembelajaran secara konvensional. Kegiatan pembelajaran masih berpusat pada guru dan siswa mendapat pengetahuan hanya dari penjelasan yang diberikan oleh guru saja, sehingga siswa menjadi pasif dan hasil belajar siswa tergolong rendah. Hasil belajar siswa di SMP N 3 Pegandon yang mencapai KKM ≥70 masih < 50%. Karakteristik ekosistem adalah adanya interaksi bolak-balik antar makhluk hidup dengan lingkungannya. Strategi Outdoor Learning Process dengan model Discovery Learning merupakan solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut karena menuntut siswa untuk memproleh informasi dengan melakukan pengamatan langsung ke lapangan dan menemukan konsep materi secara mandiri, sehingga kegiatan pembelajaran lebih bermakna. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran Outdoor Learning Process dengan model Discovery Learning pada materi ekosistem di SMP N 3 Pegandon Penelitian ini merupakan penelitian Pre-Experimental menggunakan One Shot Case Study Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 3 Pegandon tahun ajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampling secara Purposive Sampling, yaitu kelas VII A dan VII B. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, angket, tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa kategori aktif dan sangat aktif kelas VII A mencapai 94,3% dan kelas VII B mencapai 91,6%. Hasil belajar siswa kelas VII A menunjukkan ketuntasan belajar klasikal mencapai 83,3 % dan untuk kelas VII B ketuntasan belajar klasikal mencapai 88,8 % . Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan strategi Outdoor Learning Process dengan model Discovery Learning pada materi ekosistem efektif diterapkan pada materi ekosistem.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas siswa, discovery learning, hasil belajar siswa, materi ekosistem, outdoor learning process.
Subjects: L Education > Special Education > Biology Education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 28 Feb 2019 19:03
Last Modified: 28 Feb 2019 19:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32340

Actions (login required)

View Item View Item