PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR PADA MATERI SISTEM INDERA TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA


Nur Fitria Rahmawati , 4401413034 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR PADA MATERI SISTEM INDERA TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4401413034.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (581kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan pendekatan JAS pada materi sistem indera terhadap keterampilan proses sains siswa serta mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan pendekatan JAS pada materi sistem indera terhadap peningkatan keterampilan proses sains siswa. Metode penelitian ini adalah quasi experimental dengan desain non equivalent control group design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 5 dengan jumlah siswa 36 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 4 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa yaitu 38. Variabel bebas adalah model pembelajaran inkuiri terbimbing berpendekatan JAS pada materi sistem indera, sedangkan variabel terikat adalah keterampilan proses sains siswa. Keterampilan proses sains siswa diukur menggunakan instrumen tes dengan 30 item sebagai soalpretest dan posttest. Aspek keterampilan proses sains yang hendak diukur pada penelitian ini adalah observasi, menafsirkan, klasifikasi, prediksi, berkomunikasi, merumuskan hipotesis, merencanakan percobaan, menerapkan konsep, dan mengajukan pertanyaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan pendekatan JAS pada materi sistem indera memiliki pengaruh signifikan terhadap keterampilan proses sains siswa pada aspek menafsirkan, berkomunikasi, merencanakan percobaan, merumuskan hipotesis, dan klasifikasi, dengan koefisien determinasi 0,374. Keterampilan proses sains siswa kelas eksperimen meningkat setelah diberi perlakuan, dengan rerata N-Gain sebesar 0,27, sedangkan rerata N-Gain kelas kontrol yaitu 0,14. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan pendekatan JAS pada materi sistem indera berpengaruh terhadap keterampilan proses sains siswa. Keterampilan proses sains siswa meningkat setelah diterapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan pendekatan JAS pada materi sistem indera.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan proses sains, model pembelajaran inkuiri terbimbing, pendekatan JAS.
Subjects: L Education > Special Education > Biology Education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 28 Feb 2019 13:38
Last Modified: 28 Feb 2019 13:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32335

Actions (login required)

View Item View Item