PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN ANALYZE CASE STUDY TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN


Fina Risqotul Husna , 4401413026 (2017) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN ANALYZE CASE STUDY TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4401413026.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (581kB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran biologi di SMA N 1 Slawi umumnya masih berorientasi pada hasil belajar kognitif, belum berorientasi untuk mengembangkan kemampuan literasi sains siswa pada aspek konteks, kompetensi, pengetahuan, dan sikap sains. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model Problem Based Learning dengan Analyze Case Study untuk mengembangkan kemampuan literasi sains siswa kelas X SMA N 1 Slawi. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experiment dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian ditentukan secara Purposive Sampling, yaitu kelas X MIA 3 sebagai kelas kontrol dan X MIA 6 sebagai kelas eksperimen. Data penelitian berupa data hasil tes literasi sains, aktivitas siswa, tanggapan siswa, dan keterlaksanaan pembelajaran. data hasil tes literasi sains dianalisis menggunakan uji-t dan uji N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan PBL dengan Analyze Case Study pada kelas eksperimen bebeda signifikan terhadap kelas kontrol dengan analisis hasil tes literasi sains, uji t menunjukkan thitung 4,28> ttabel 1,996 dengan taraf signifikan 0,05 sehingga dapat terlihat adanya perbedaan peningkatan hasil belajar kedua kelas. Uji N-gain pada kategori sedang sampai tinggi kelas eksperimen memperoleh persentase sebesar 94,12%, sedangkan kelas kontrol 65,71%. Uji t rata-rata skor N-gain dengan thitung 5 > ttabel 1,996. Analisis aktivitas siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol yaitu dengan persentase 84% untuk kelas eksperimen dan 71% siswa untuk kelas kontrol yang termasuk dalam kriteria aktif dan cukup aktif pada kegiatan pembelajaran. Hasil analisis tanggapan siswa pada kelas eksperimen berada pada kategori sangat baik dengan presentase sebesar 92% siswa setuju dengan model pembelajaran yang diterapkan. Tanggapan guru terhadap pembelajaran yang diterapkan secara umum menunjukkan tanggapan yang positif, guru menyarankan untuk membagi kelompok investigasi sesuai dengan daerah tempat tinggal siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dengan Analyze Case Study berpengaruh positif terhadap kemampuan literasi sains siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analyze Case Study, literasi sains, materi perubahan lingkungan,Problem Based Learning
Subjects: L Education > Special Education > Biology Education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 28 Feb 2019 13:26
Last Modified: 28 Feb 2019 13:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32333

Actions (login required)

View Item View Item