PENERAPAN METODE PRAKTIKUM DAN SIMULASI PADA MATERI EKOSISTEM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 2 BAE KUDUS


Nadhifatu Umaru Saida , 4401413022 (2017) PENERAPAN METODE PRAKTIKUM DAN SIMULASI PADA MATERI EKOSISTEM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 2 BAE KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4401413022.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (315kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran dengan metode praktikum dan simulasi mengarahkan siswa untuk lebih memahami konsep. Berdasarkan observasi dan wawancara dengan guru biologi kelas X SMA Negeri 2 Bae Kudus, diketahui bahwa 65% hasil belajar siswa pada materi ekosistem berada di bawah rata-rata kriteria ketuntasan minimal (KKM ≥70) dari keseluruhan kelas X. Padahal materi ekosistem akan mudah dipahami jika pembelajaran dilakukan dengan memanfaatkan lingkungan sekitar. Pemanfaatan lingkungan sekitar diperlukan suatu metode yang dapat memandu siswa dalam pengamatan komponen-komponen ekosistem yaitu metode praktikum. Akan tetapi, materi ekosistem pada bagian siklus biogeokimia tidak dapat diamati secara langsung sehingga digunakan metode simulasi untuk menjelaskan materi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa terhadap penerapan metode praktikum dan simulasi pada materi ekosistem dan tanggapan siswa terhadap metode yang diterapkan. Desain penelitian ini adalah penelitian quasieksperimental design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA N 2 Bae Kudus. Pengambilan Sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan adalah kelas X MIPA 3 (kelas eksperimen) dan kelas X MIPA 4 (kelas kontrol). Berdasarkan hasil uji t diperoleh nilai signifikansi (2- tailed) sebesar 0,00. Data penelitian ini menunjukan nilai signifikansi < 0,05. Hal ini membuktikan terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol pada hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa kelas eksperimen yang mencapai nilai ≥70 sebesar 80,56%. Hasil angket tanggapan siswa menunjukkan jumlah siswa yang memberi tanggapan dengan kategori ‘sangat baik’ dan ‘baik’, terhadap metode praktikum dan simulasi, sebesar 77,78%. Simpulan penelitian ini adalah penerapan metode praktikum dan simulasi pada materi Ekosistem berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa SMA N 2 Bae Kudus. Oleh karena itu, metode praktikum dan simulasi dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi ekosistem.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, metode praktikum, metode simulasi, tanggapan siswa
Subjects: L Education > Special Education > Biology Education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 28 Feb 2019 13:18
Last Modified: 28 Feb 2019 13:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32332

Actions (login required)

View Item View Item