ANALISIS KEMAMPUAN KOGNISI DAN BERKREASI SISWA SMA PADA PEMBELAJARAN ANIMALIA MELALUI THINK TALK WRITE DISERTAI TAXONOMY CARD


Febriana Wahyundari , 4401413014 (2017) ANALISIS KEMAMPUAN KOGNISI DAN BERKREASI SISWA SMA PADA PEMBELAJARAN ANIMALIA MELALUI THINK TALK WRITE DISERTAI TAXONOMY CARD. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4401413014.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (471kB) | Preview

Abstract

Cakupan materi Animalia yang cukup luas dan banyak menggunakan istilah ilmiah membutuhkan proses pembelajaran yang memungkinkan siswa melakukan eksplorasi di lingkungan. Pembelajaran model Think Talk Write (TTW) disertai Taxonomy Card (TC) pada materi Animalia diterapkan dalam penelitian ini merupakan alternatif pembelajaran yang dapat diterapkan. Tujuan penelitian ini menganalisis pengaruh model TTW disertai TC terhadap kemampuan kognisi dan berkreasi siswa pada materi Animalia. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Bangsri, kelas X semester genap tahun ajaran 2016/2017, menggunakan desain penelitian pre-experimental design dengan rancangan one group comparison. Populasi penelitian seluruh siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Bangsri yang terdiri dari 4 kelas. Sampel terdiri dari kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2 (kelas kontrol) serta X MIPA 3 dan X MIPA 4 (kelas eksperimen), yang ditentukan secara cluster random sampling. Data penelitian kemampuan kognisi siswa diukur melalui posttest yang terdiri dari 30 item soal. Data kemampuan berkreasi siswa diukur melalui tugas kreasi album taksonomi hewan. Data sekunder yang diajukan untuk mendukung data primer adalah aktivitas belajar siswa, tanggapan siswa, dan tanggapan guru terhadap pembelajaran Animalia melalui TTW disertai TC yang diterapkan. Hasil uji t menunjukkan adanya perbedaan rata-rata nilai posttest yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil uji t juga menunjukkan adanya perbedaan rata-rata nilai kemampuan berkreasi yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Ketuntasan klasikal siswa kelas eksperimen mencapai 100% (76 siswa). Sebagian besar aktivitas siswa kelas eksperimen dalam kategori sangat aktif (17,11%) dan aktif (82,89%). Siswa dan guru memberikan tanggapan baik terhadap pembelajaran Animalia melalui TTW disertai TC yang diterapkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kemampuan berkreasi, kemampuan kognisi, Taxonomy Card, Think Talk Write.
Subjects: L Education > Special Education > Biology Education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 28 Feb 2019 13:13
Last Modified: 28 Feb 2019 13:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32331

Actions (login required)

View Item View Item