PENGARUH BIOLOGICAL SCIENCE CURRICULUM STUDY 5E INSTRUCTIONAL MODEL DENGAN PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA


Agung Budi Santoso , 4401413008 (2017) PENGARUH BIOLOGICAL SCIENCE CURRICULUM STUDY 5E INSTRUCTIONAL MODEL DENGAN PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4401413008.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (274kB) | Preview

Abstract

Pemerintah mengadopsi 3 konsep pendidikan abad ke-21 yaitu 21st century skills, scientific approach dan authentic assesment. Kurikulum 2006 (KTSP) & kurikulum 2013 mengarahkan siswa untuk mengembangkan literasi sains, yaitu melalui kegiatan inkuiri dan pendekatan ilmiah. Hasil penilaian PISA terhadap kemampuan literasi sains siswa Indonesia pada tahun 2012 berada pada urutan ke-64 dari 65 negara peserta. Rendahnya kemampuan literasi sains siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah pemilihan metode dan model pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh BSCS 5E Instructional Model dengan pendekatan JAS terhadap kemampuan literasi sains siswa dan menganalisis kontribusi BSCS 5E Instructional Model dengan pendekatan JAS terhadap kemampuan literasi sains siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design dengan desain penelitian pretes-postes control group design, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi linear sederhana. Populasi penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 1 Boja kelas VIII tahun pelajaran 2016/2017 dengan sampel kelas VIII B dan VIII D. Sampel tersebut diambil secara purposive sampling. Instrumen tes digunakan untuk mengukur kemampuan literasi sains sebagai variabel terikat, sedangkan tingkat keterlaksanaan sintaks BSCS 5E Instructional Model dengan pendekatan JAS diukur menggunakan angket keterlaksanaan sintaks pembelajaran sebagai variabel bebas. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil postes literasi sains siswa kelas eksperimen yang menerapkan BSCS 5E Instructional Model dengan pendekatan JAS sebesar 75,1 lebih baik dari rata-rata hasil postes literasi sains siswa kelas kontrol yaitu sebesar 59,1. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, diperoleh persamaan regresi Ŷ=48,421X + 0,354, koefisien korelasi antara BSCS 5E Instructional Model dengan pendekatan JAS dengan kemampuan literasi sains siswa sebesar 0,572 dan koefisien determinasi sebesar 0,328. Hasil perhitungan angket tanggapan menunjukan bahwa 90% pernyataan mendapat respon yang positif. Hal ini berarti penggunaan BSCS 5E Instructional Model dengan pendekatan JAS diterima baik/positif oleh siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa BSCS 5E Instructional Model dengan pendekatan JAS berpengaruh signifikan terhadap kemampuan literasi sains siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Boja Kendal dan BSCS 5E Instructional Model dengan pendekatan JAS memiliki pengaruh terhadap kemampuan literasi sains siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Boja Kendal sebesar 32,8%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: BSCS 5E instructional model, JAS, literasi sains
Subjects: L Education > Special Education > Biology Education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 27 Feb 2019 13:57
Last Modified: 27 Feb 2019 13:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32329

Actions (login required)

View Item View Item