EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF NHT BERBANTUAN PICTURE PUZZLE TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN


Idaliani Prikadiastuti, 4401412118 (2017) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF NHT BERBANTUAN PICTURE PUZZLE TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4401412118.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (241kB) | Preview

Abstract

Keterbatasan jumlah mikroskop di sekolah menjadi suatu kendala yang dapat mengganggu proses pembelajaran untuk melakukan pengamatan materi struktur dan fungsi jaringan makhluk hidup termasuk tumbuhan. Penelitian ini membahas struktur dan fungsi jaringan tumbuhan. Sebagian besar siswa beranggapan bahwa materi ini termasuk materi yang sulit dipahami karena proses pembelajaran selama ini tidak menggunakan mikroskop dan hanya mengandalkan buku teks. Siswa merasa bosan karena pembelajaran hanya dilakukan dengan mendengar dan mencatat penjelasan guru (Daud & Fauzan, 2011). Pembelajaran seharusnya membuat siswa menjadi aktif, salah satu alternatif yaitu dengan penerapan pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together (NHT). Keterbatasan mikroskop dapat diatasi menggunakan gambar yang dikemas dalam bentuk picture puzzle. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis efektivitas pembelajaran kooperatif NHT berbantuan picture puzzle terhadap aktivitas dan hasil belajar materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan. Penelitian ini menggunakan design pre experimental tipe one shot case study. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 74 siswa. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling yaitu kelas VIIIA, VIIIB, dan VIIIC. Pembelajaran efektif apabila ≥75% aktivitas siswa berada pada kriteria aktif atau sangat aktif dan ≥75% hasil belajar siswa telah mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Data aktivitas siswa diperoleh melalui lembar observasi dan data hasil belajar diperoleh melalui nilai lembar diskusi siswa (LDS), nilai kuis, nilai posttest dan nilai tugas. Hasil penelitian menunjukkan tingkat aktivitas siswa mencapai 91% dengan kategori aktif dan sangat aktif. Ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 82% dengan rata-rata hasil belajar 77 (melampaui KKM yang ditetapkan yaitu ≥70). Penerapan pembelajaran kooperatif NHT berbantuan picture puzzle pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan efektif terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas, Hasil Belajar, Kooperatif NHT, Picture Puzzle
Subjects: L Education > Special Education > Biology Education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen Perkantoran, D3
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Feb 2019 18:31
Last Modified: 26 Feb 2019 18:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32325

Actions (login required)

View Item View Item