EFEKTIVITAS MODEL SNOWBALL THROWING DENGAN MEDIA WORD SQUARE TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ZAT ADIKTIF DAN PSIKOTROPIKA


Nur Khikmah Fitri , 4401412113 (2017) EFEKTIVITAS MODEL SNOWBALL THROWING DENGAN MEDIA WORD SQUARE TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ZAT ADIKTIF DAN PSIKOTROPIKA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4401412113.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (401kB) | Preview

Abstract

Hasil obervasi selama kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) menunjukkan bahwa pembelajaran di SMP Mataram Semarang masih menerapkan pembelajaran yang berpusat pada guru (Teacher Centered Learning) dan aktivitas tanya jawab antara siswa dan guru selama kegiatan pembelajaran masih tergolong rendah. Laporan hasil Ujian Nasional SMP Mataram Semarang tahun pelajaran 2014/2015 oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) menunjukkan bahwa daya serap siswa pada materi zat adiktif dan psikotropika adalah 34,29%. Upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan pemahaman siswa terhadap materi zat adiktif dan psikotropika meskipun siswa tidak belajar secara langsung pada obyek pembelajaran antara lain model Snowball Throwing dengan media Word Square. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas model pembelajaran Snowball Throwing dengan media Word Square terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi zat adiktif dan dan psikotropika. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experiment tipe Nonequivalent Control Group Design dengan populasi seluruh siswa kelas VIII SMP Mataram Semarang. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Variabel bebas pada penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Snowball Throwing dengan media Word Square, sedangkan variabel terikat adalah aktivitas dan hasil belajar. Data berupa aktivitas siswa, hasil belajar siswa yang meliputi hasil belajar kognitif (pengetahuan) dan afektif (sikap). Data aktivitas siswa diperoleh dari observasi menggunakan lembar observasi aktivitas siswa, data hasil belajar kognitif siswa diperoleh melalui tes menggunakan soal tes objektif, dan hasil belajar afektif siswa diperoleh melalui angket menggunakan lembar skala sikap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan klasikal kelas eksperimen sebesar 92% sedangkan pada kelas kontrol sebesar 76%. Ketuntasan klasikal hasil belajar kognitif kelas eksperimen sebesar 88% sedangkan pada kelas kontrol sebesar 48%. Hasil uji t menunjukkan bahwa hasil belajar kognitif kelas eksperimen berbeda signifikan dengan kelas kontrol. Hasil uji N-gain menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar kognitif kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Ketuntasan klasikal hasil belajar afektif kelas eksperimen sebesar 92% sedangkan pada kelas kontrol sebesar 80%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Snowball Throwing dengan media Word Square efektif terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi zat adiktif dan psikotropika di SMP Mataram Semarang. Guru perlu menerapkan model Snowball Throwing dengan media Word Square pada materi zat adiktif dan psikotropika serta materi lain yang memiliki permasalahan pembelajaran yang sama.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas, hasil belajar, Snowball Throwing, Word Square, zat adiktif dan psikotropika.
Subjects: L Education > Special Education > Biology Education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Feb 2019 18:22
Last Modified: 26 Feb 2019 18:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32324

Actions (login required)

View Item View Item