PENERAPAN MODEL GI DAN PBL DENGAN LIMBAH BATIK SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR DAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN


Hilda Afiani, 4401412097 (2017) PENERAPAN MODEL GI DAN PBL DENGAN LIMBAH BATIK SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR DAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4401412097.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (261kB) | Preview

Abstract

Sikap peduli lingkungan siswa di kelas X SMAN 1 Pekalongan masih belum berkembang terlihat dari adanya perilaku boros air seperti menggunakan air untuk bermain dan membiarkan kran air di kamar mandi terbuka ketika tidak dipakai. Terkadang siswa masih membuang sampah di selokan air terutama di sekitar kantin sehingga berpotensi mencemari air. Lingkungan SMAN 1 Pekalongan banyak terdapat limbah batik cair yang dapat digunakan sebagai sumber belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar dan perbedaan sikap peduli lingkungan siswa pada penerapan model pembelajaran GI dengan model pembelajaran PBL pada sub materi pencemaran air dengan menggunakan limbah batik cair sebagai sumber belajar di SMAN 1 Pekalongan. Penelitian menggunakan quasi eksperimen, dengan pola non-equifalent control group design dengan teknik sampling purposive. Sampel penelitian ini yaitu kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2. Kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen GI yang menggunakan model pembelajaran GI dan kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen PBL menggunakan model pembelajaran PBL. Data penelitian yaitu hasil belajar diuji menggunakan uji N-gain dan uji t, serta skor tingkat kepedulian lingkungan air siswa diuji-t untuk menentukan adanya perbedaan yang signifikan pada hasil belajar dan sikap peduli lingkungan antara kelas eksperimen GI dan kelas eksperimen PBL. Hasil penelitian menunjukan bahwa skor N-gain siswa kelas eksperimen GI yaitu 0,53 lebih tinggi dari siswa kelas eksperimen PBL yaitu 0,39, hasil uji-t dari skor N-gain diperoleh nilai signifikansi 0,014 yaitu lebih besar dari 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas eksperimen GI dan kelas eksperimen PBL. Skor rata-rata tingkat kepedulian lingkungan air siswa kelas eksperimen GI sebesar 64,6 lebih besar dari pada skor Skor rata-rata tingkat kepedulian lingkungan air siswa kelas eksperimen PBL yaitu 60,9. Hasil uji t skor Skor rata-rata tingkat kepedulian lingkungan air siswa diperoleh nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,008 lebih kecil dari 0,05, artinya terdapat perbedaan yang signifikan sikap pedulian lingkungan siswa antara kelas eksperimen GI dan eksperimen PBL. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar dan sikap peduli lingkungan yang signifikan pada penerapan model pembelajaran GI dan model pembelajaran PBL dengan limbah batik cair sebagai sumber belajar di SMAN 1 Pekalongan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Group investigation, karakter peduli lingkungan, Problem based learning,
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Feb 2019 18:14
Last Modified: 26 Feb 2019 18:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32323

Actions (login required)

View Item View Item