EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DENGAN MEDIA FOTONOVELA KEANEKARAGAMAN HAYATI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA


Erna Muktisari , 4401412087 (2017) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DENGAN MEDIA FOTONOVELA KEANEKARAGAMAN HAYATI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DENGAN MEDIA FOTONOVELA KEANEKARAGAMAN HAYATI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA]
Preview
PDF (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DENGAN MEDIA FOTONOVELA KEANEKARAGAMAN HAYATI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA) - Published Version
Download (411kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan di SMA Negeri 1 Boja, pembelajaran selama ini menggunakan metode ceramah dan diskusi kelompok. Pada materi Keanekaragaman Hayati, nilai hasil belajar siswa masih tergolong rendah yaitu ≤ 75. Berkaitan dengan hal tersebut, maka dilakukan penelitian menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dengan media Fotonovela keanekaragaman hayati. Penelitian ini bertujuan menganalisis efektivitas model pembelajaran Project Based Learning dengan media Fotonovela keanekaragaman hayati. Penelitian menggunakan metode Quasi Eksperimental Design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X semester gasal tahun ajaran 2016/2017 sebanyak sembilan kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yaitu kelas X IA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IA 5 sebagai kelas kontrol. Hasil analisis menunjukkan bahwa hasil belajar aspek kognitif, psikomotorik dan afektif kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol dengan rata-rata nilai akhir aspek kognitif kelas eksperimen sebesar 83,56 dan ketuntasan belajar mencapai 96,97%, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 79,3 dengan ketuntasan belajar mencapai 90,63%. Hasil uji perbedaan rata-rata nilai post-test menunjukkan rata-rata post-test kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol (thitung > ttabel). Hasil uji normalized gain diperoleh nilai gain kedua kelas dalam kriteria sedang yaitu 0,4 untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 0,3. Nilai akhir aspek psikomotorik kelas eksperimen yaitu 3,28 dan 2,66 untuk kelas kontrol. Nilai akhir aspek afektif kelas eksperimen mencapai predikat sangat baik (SB) dan predikat baik (B) untuk kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning dengan media Fotonovela keanekaragaman hayati efektif terhadap hasil belajar siswa di SMAN 1 Boja.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Fotonovela, Keanekaragaman Hayati, Project Based Learning
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QK Botany
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Feb 2019 18:06
Last Modified: 26 Feb 2019 18:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32322

Actions (login required)

View Item View Item