STUDI META-ANALISIS PENERAPAN PENDEKATAN JAS HASILPENELITIANMAHASISWA S1 PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Khuswatun Khasanah, 4401412082 (2017) STUDI META-ANALISIS PENERAPAN PENDEKATAN JAS HASILPENELITIANMAHASISWA S1 PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of STUDI META-ANALISIS PENERAPAN PENDEKATAN JAS HASILPENELITIANMAHASISWA S1 PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG]
Preview
PDF (STUDI META-ANALISIS PENERAPAN PENDEKATAN JAS HASILPENELITIANMAHASISWA S1 PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG) - Published Version
Download (228kB) | Preview

Abstract

Pendekatan JAS merupakan pendekatan pembelajaran yang dikembangkan oleh dosen-dosen Pendidikan Biologi Unnes dan banyak digunakan dalam penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa.Berdasarkan database perpustakaan Jurusan Biologi, ditemukan terdapat 25 skripsi mahasiswa S1 yang meneliti pendekatan JAS pada tahun 2011-2015. Keadaan tersebut memungkinkan untuk dilakukannya penelitian meta-analisis yang mana penting untuk mengkoreksi kemungkinan adanya penelitian serta untuk mendapatkan kesimpulan-kesimpulan umum dari penelitian-penelitian tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapanpendekatan JAS pada hasil penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa S1 Pendidikan Biologi Universitas Negeri Semarang dalam kurun waktu 2011-2015. Subjek penelitian meliputi 25 skripsi yang meneliti pendekatan JAS. Penelitian ini termasuk penelitianexpost de facto dengan pendekatan kualitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa panduan wawancara untuk memperoleh informasi dari narasumber dan tabulasi data rincian skripsi yang mana data akan dikumpulkan dengan teknik dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis secara kuantitatif dengan prosentase dan secara kualitatif untuk data hasil kajian naratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kecenderungan penelitian pendekatan JAS diantaranya pendekatan JAS lebih banyak diterapkan pada materi lingkungan dan lebih banyak dijumpai pada tahun 2011 dan 2012. Selain itu penelitian pendekatan JAS masih terbatas pada wilayah regional, dimana didominasi latar belakang masalah penggunaan metode ceramah dan metode penelitian eksperimen, serta hasil penelitian masih didominasi oleh pengukuran hasil belajar dan aktivitas siswa. Dari segi kesesuaian, skripsi yang meneliti pendekatan JAS sudah memenuhi keenam komponen pendekatan JAS, namun RPP yang dibuat belum memenuhi menggambarkan pendekatan JAS.Hasil analisis menemukan JAS memiliki kelebihan meningkatkan hasil belajar siswa, memberikan pengalaman langsung bagi siswa, dsb.Sedangkan kekurangan yang ditemukan diantaranya adalah sulitnya memanajemen waktu dan mengkondisikan siswa ketika pembelajaran, guru dituntut untuk kreatif dalam mendesain kelas, dsb. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penelitian pendekatan JAS yang dilakukan oleh mahasiswa S1 Pendidikan Biologi Unnes memiliki kecenderungan materi ajar lingkungan, banyak dilakukan tahun 2011-2012, cenderung menggunakan metode eksperimen. Hasil penelitian cenderung berorientasi pada pengaruh JAS terhadap hasil belajar kognitif. Dari segi kesesuaian, RPP yang dibuat belum sesuai dengan pendekatan JAS, namun skripsi yang disusun sudah memenuhi keenam komponen JAS.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan JAS, skripsi biologi, studi meta-analisis
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QK Botany
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Feb 2019 15:46
Last Modified: 26 Feb 2019 15:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32321

Actions (login required)

View Item View Item