KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MATERI BAHAN KIMIA DALAM KEHIDUPAN


Erlita Setiyorini , 4401412072 (2017) KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MATERI BAHAN KIMIA DALAM KEHIDUPAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MATERI BAHAN KIMIA DALAM KEHIDUPAN]
Preview
PDF (KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MATERI BAHAN KIMIA DALAM KEHIDUPAN) - Published Version
Download (269kB) | Preview

Abstract

Observasi yang dilakukan di SMP Negeri 1 Ngadirejo menunjukkan indikasi kemampuan literasi sains rendah. Peserta didik masih memiliki kebiasaan mengonsumsi jajanan berpenyedap berlebihan, berwarna mencolok, dan minuman berkemasan siap saji. Namun hasil belajar materi bahan kimia dalam kehidupan relatif tinggi. Diketahui kegiatan pembelajaran selama ini belum memaksimalkan sumber belajar disekitar lingkungan. Salah satu pembelajaran yang relevan untuk mengoptimalkan kemampuan literasi sains peserta didik adalah pembelajaran kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran kontekstual materi bahan kimia dalam kehidupan dapat mengoptimalkan kemampuan literasi sains peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Ngadirejo tahun ajaran 2016/2017, dengan populasi peserta didik kelas VIII yang berjumlah 7 kelas. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Desain penelitian adalah one shot case study. Metode pengumpulan data menggunakan tes, angket, dan observasi. Pengujian instrumen tes untuk mengukur kemampuan literasi sains dimensi konten, konteks, dan proses dengan uji coba soal. Pengujian instrumen skala angket untuk mengukur kemampuan literasi sains dimensi sikap, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran kontekstual, dan lembar angket keikutsertaan dalam pembelajaran kontekstual dengan uji validitas konstruksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi sains dimensi konten, konteks, proses, dan sikap peserta didik SMP Negeri 1 Ngadirejo telah mencapai kriteria optimal dan menunjukkan keajegan pada dua kelas uji coba, dengan demikian pembelajaran kontekstual materi bahan kimia dalam kehidupan yang diterapkan dapat mengoptimalkan kemampuan literasi sains peserta didik dan layak diterapkan pada pembelajaran materi bahan kimia dalam kehidupan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kemampuan literasi sains, materi bahan kimia dalam kehidupan, pembelajaran kontekstual
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QK Botany
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Feb 2019 14:35
Last Modified: 26 Feb 2019 14:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32320

Actions (login required)

View Item View Item