PENGARUH MODEL GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN ALAT PERAGA TERHADAP HASIL BELAJAR SISTEM EKSKRESI SISWA SMA


Melisa Diah Kurniati, 4401412061 (2017) PENGARUH MODEL GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN ALAT PERAGA TERHADAP HASIL BELAJAR SISTEM EKSKRESI SISWA SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH MODEL GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN ALAT PERAGA TERHADAP HASIL BELAJAR SISTEM EKSKRESI SISWA SMA]
Preview
PDF (PENGARUH MODEL GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN ALAT PERAGA TERHADAP HASIL BELAJAR SISTEM EKSKRESI SISWA SMA) - Published Version
Download (261kB) | Preview

Abstract

Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) bertujuan agar siswa memiliki kemampuan mencari tahu (inquiry), menekankan pada proses penemuan dan pemberian pengalaman langsung. Berdasarkan hasil observasi, proses pembelajaran biologi belum secara optimal menekankan pada proses penemuan dan pemberian pengalaman langsung. Kondisi tersebut dapat diupayakan melalui penerapan model Group Investigation berbantuan alat peraga sistem ekskresi yang mengarahkan siswa untuk melakukan penyelidikan ilmiah dengan menggunakan alat peraga. Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh model Group Investigation berbantuan alat peraga terhadap hasil belajar sistem ekskresi siswa SMA N 1 Sukorejo. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experimental dengan Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling yaitu kelas XI IPA 2 (kelas eksperimen) dan kelas XI IPA 3 (kelas kontrol). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar kognitif siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Persentase nilai N-gain kelas eksperimen dengan kriteria tinggi sebesar 3% dan sedang sebesar 78% lebih baik dibandingkan kelas kontrol yang masuk kriteria sedang sebesar 65%. Hasil uji t diperoleh sig. (2-tailed) 0,028 < α 0,05 membuktikan ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kognitif siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Aktivitas dan tanggapan siswa terhadap model GI berbantuan alat peraga sistem ekskresi berkriteria baik sebesar 78,8% dan tanggapan guru berkriteria sangat baik dengan persentase 98%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model GI berbantuan alat peraga sistem ekskresi berpengaruh terhadap hasil belajar siswa SMA N 1 Sukorejo.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Alat peraga sistem ekskresi, Group Investigation, hasil belajar.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QK Botany
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Perancis (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 25 Feb 2019 15:43
Last Modified: 25 Feb 2019 15:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32319

Actions (login required)

View Item View Item