PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN BERBANTUAN AUDIO VISUAL SUB MATERI INVERTEBRATA TERHADAP RASA INGIN TAHU SISWA


Ayu Alfiyah , 4401412052 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN BERBANTUAN AUDIO VISUAL SUB MATERI INVERTEBRATA TERHADAP RASA INGIN TAHU SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN BERBANTUAN AUDIO VISUAL SUB MATERI INVERTEBRATA TERHADAP RASA INGIN TAHU SISWA]
Preview
PDF (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN BERBANTUAN AUDIO VISUAL SUB MATERI INVERTEBRATA TERHADAP RASA INGIN TAHU SISWA) - Published Version
Download (250kB) | Preview

Abstract

Rasa ingin tahu siswa terhadap sesuatu pada dasarnya berasal dari dalam diri siswa, tetapi bukan berarti guru tidak mempunyai peran dalam mendorong rasa ingin tahu siswa. Guru mempunyai peranan untuk meningkatkan rasa ingin tahu siswa dengan merancang model pembelajaran yang sesuai dan tepat. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran POE berbantuan audio visual terhadap rasa ingin tahu siswa pada sub materi Invertebrata. Quasi Experimental Design dengan menggunakan pola non equivalent pretest posttes control grup design digunakan untuk menjawab rumusan masalah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Petarukan, sedangkan sampelnya adalah siswa kelas X MIPA 1 (kelas eksperimen) dan kelas X MIPA 2 (kelas kontrol). Data keterlaksanaan pembelajaran POE berbantuan audio visual diperoleh melalui lembar observasi, angket tanggapan siswa dan guru. Data rasa ingin tahu siswa diperoleh dari lembar obsevasi dan angket rasa ingin tahu yang diisi oleh siswa serta peningkatan hasil belajar sebagai data pendukung. Hasil uji hipotesis pengaruh model pembelajaran POE berbantuan audio visual terhadap rasa ingin tahu siswa berdasarkan lembar observasi diperoleh presentase kelas eksperimen (50,53%) lebih tinggi daripada kelas kontrol (13,8%) sedangkan berdasarkan angket rasa ingin tahu tinggi kelas eksperimen (44%) dan kelas kontrol (5%). Pengaruh model pembelajaran POE berbantuan audio visual terhadap hasil belajar siswa diperoleh ketuntasan klasikal kelas eksperimen (89,74%) dan kelas kontrol (28,21%). Dari hasil penelitiana disimpulan bahwa skor keterlaksanaan model pembelajaran POE berbantuan audio visual pada sub materi invertebrata berpengaruh terhadap skor rasa ingin tahu siswa kelas eksperimen dengan katagori tinggi dibandingkan kelas kontrol. Skor rasa ingin tahu siswa yang tinggi diiringi dengan meningkatnya hasil belajar kognitif siswa kelas eksperimen, diketahui dari nilai ketuntasan klasikal kelas eksperimen mencapai 89,74% berkatagori efektif, nilai N gain kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol dan hasil belajar kognitif siswa berdasarkan uji t menunjukan adanya perbedaan karena t hitung lebih tinggi dari t tabel.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Audio visual, POE, rasa ingin tahu siswa.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QK Botany
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 22 Feb 2019 17:32
Last Modified: 25 Feb 2019 14:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32316

Actions (login required)

View Item View Item