PENGARUH CONCEPT ATTAINMENT DENGAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI SEL KELAS XI


Felliyana Azmi , 4401412039 (2017) PENGARUH CONCEPT ATTAINMENT DENGAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI SEL KELAS XI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH CONCEPT ATTAINMENT DENGAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI SEL KELAS XI]
Preview
PDF (PENGARUH CONCEPT ATTAINMENT DENGAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI SEL KELAS XI) - Published Version
Download (275kB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran biologi di SMA N Patikraja umumnya masih berpusat kepada guru dan hanya menggunakan metode pembelajaran ceramah dan diskusi pada setiap pertemuan sehingga membuat antusiasme dan motivasi belajar siswa kurang serta hasil belajar siswa yang rendah. Concept Attainment dengan Mind Mapping merupakan alternatif pembelajaran biologi yang menarik, membantu siswa dalam membentuk konsep materi, melatih siswa berpikir kritis dan mampu meningkatkan aktivitas siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model Concept Attainment dengan Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa pada materi sel kelas XI. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain Pretest Posttest Design. Sampel penelitian ditentukan secara Purposive Sampling, yaitu kelas XI MIA 3 sebagai kelas kontrol dan kelas XI MIA 4 sebagai kelas eksperimen. Data utama penelitian berupa data hasil belajar kognitif melalui posttest. Data pendukung penelitian berupa data hasil belajar afektif, psikomotor, aktivitas siswa, keterlaksanaan pembelajaran, tanggapan siswa, dan tanggapan guru. Data hasil belajar kognitif dianalisis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan Concept Attainment dengan Mind Mapping pada kelas eksperimen berbeda terhadap kelas kontrol dengan analisis hasil posttest, uji t menunjukkan thitung 3,39 > ttabel 1,671 dan hasil analisis N-gain menggunakan uji t menunjukkan thitung 2,86 > ttabel 1,671. Analisis aktivitas siswa kelas eksperimen dengan kategori aktif sebesar 72,9% sedangkan pada kelas kontrol dengan kategori kurang aktif sebesar 60,73%. Ratarata nilai hasil belajar afektif siswa kelas eksperimen 78,8 sedangkan pada kelas kontrol 73,9. Pada kelas eksperimen rata-rata hasi belajar psikomotor 79,9 sedangkan pada kelas kontrol 74,4. Siswa memberikan tanggapan baik terhadap pembelajaran Concept Attainment dengan Mind Mapping karena membantu siswa memahami materi sel dengan berpikir kritis dalam membentuk konsep materi sel dari contoh dan non contoh yang diberikan oleh guru. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Concept Attainment dengan Mind Mapping berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa pada materi sel kelas XI.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Concept Attainment, hasil belajar, materi sel, Mind Mapping
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QK Botany
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 19 Feb 2019 18:23
Last Modified: 19 Feb 2019 18:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32313

Actions (login required)

View Item View Item