PENGEMBANGAN MODUL KEHATI BERVISI ERT (ENVIROMENTAL RESEARCH TEAM) DAN GI (GROUP INVESTIGATION) SEBAGAI GUIDE BOOK PEMBELAJARAN MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI SMA
Muhammad Syukron Fadlli Alimi , 4401412032 (2017) PENGEMBANGAN MODUL KEHATI BERVISI ERT (ENVIROMENTAL RESEARCH TEAM) DAN GI (GROUP INVESTIGATION) SEBAGAI GUIDE BOOK PEMBELAJARAN MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (419kB) | Preview |
Preview |
PDF (PENGEMBANGAN MODUL KEHATI BERVISI ERT (ENVIROMENTAL RESEARCH TEAM) DAN GI (GROUP INVESTIGATION) SEBAGAI GUIDE BOOK PEMBELAJARAN MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI SMA)
- Published Version
Download (419kB) | Preview |
Abstract
Guru biologi SMA Negeri 2 Temanggung menyatakan bahwa sebagian besar siswanya kurang aktif dan pembelajaran biologi masih sangat tergantung pada modul yang dijual umum. Penggunaan modul ini justru membatasi pembelajaran, dikarenakan disusun secara umum sehingga setiap sekolah bisa menggunakanya. Oleh karena itu perlu dikembangkan modul KeHati bervisi ERT (Enviromental Research Team) dan GI (Group Investigasi) dalam rangka memaksimalkan hasil belajar siswa, menambah keaktifan siswa, dan memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan, Menguji dan mengetahui keefektifan modul KeHati bervisi ERT dan GI dalam pembelajaran materi keanekaragaman hayati. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D). Modul dikembangkan dan dikonsultasikan dengan dosen pembimbing kemudian di serahkan kepada ahli untuk di validasi. Validasi modul KeHati bervisi ERT dan GI dinilai menggunakan lembar validasi oleh validator kemudian dianalisis secara deskriptif presentase.Uji coba skala kecil dilakukan pada 10 siswa diluar siswa yang mengikuti uji skala besar. Uji coba skala besar dilakukan pada 66 siswa, 34 siswa kelas X IPA 5 dan 32 siswa kelas X IPA 6. Efektivitas penggunaan modul KeHati bervisi ERT dan GI diperoleh berdasarkan hasil belajar siswa melipusti kognitif, psikomotorik dan afektif. Hasil validasi diperoleh bahwa modul KeHati bervisi ERT dan GI dinyatakan valid dengan persentase penilaian 78.8% dengan 84,95% sepakat dan 15,2% sangat sepakat. Hasil ujicoba skala kecil di dapatkan ketercapaian 81,3% menunjukkan bahwa modul dalam tingkatan yang sangat baik. Hasil belajar kognitif siswa kelas X IPA 5 rata-rata mencapai 85,1 dengan ketuntasan kelas 79%. Kelas X IPA 6 rata-rata mencapai 87,3 dengan ketuntasan kelas 94%. Rerata hasil belajar psikomotorik kelas X IPA 5 73,19 dan kelas X IPA 6 adalah 81,77. Rerata hasil belajar afektif kelas X IPA 5 mencapai 82,8 dan kelas X IPA 6 adaldah 89,4. Hampir secara keseluruhan mencapai indikator keberhasilan kecuali hasil belajar psikomorik kelas X IPA 5 yang dikarenakan masalah khusus internal kelas. Tanggapan siswa terhadap modul sangatlah baik dengan pencapaian persentase 84,9%. Guru memeberikan tanggapan yang positif terhadap modul. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa modul KeHati bervisi ERT dan GI valid dan efektif digunakan sebagai guide book pembelajaran materi keanekaragaman hayati di SMA.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keanekaragaman hayati, lingkungan sekolah, modul KeHati bervisi ERT dan GI, siswa. |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) Q Science > QK Botany |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1 |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 03 Jul 2019 16:25 |
Last Modified: | 03 Jul 2019 16:25 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32312 |
Actions (login required)
View Item |