KEANEKARAGAMAN TUMBUHAN BERKORMUS GUNUNG MURIA KUDUS SEBAGAI SUMBER BELAJAR KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS X SMA


Jamilatuz Zahroh , 4401412028 (2016) KEANEKARAGAMAN TUMBUHAN BERKORMUS GUNUNG MURIA KUDUS SEBAGAI SUMBER BELAJAR KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS X SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEANEKARAGAMAN TUMBUHAN BERKORMUS GUNUNG MURIA KUDUS SEBAGAI SUMBER BELAJAR KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS X SMA]
Preview
PDF (KEANEKARAGAMAN TUMBUHAN BERKORMUS GUNUNG MURIA KUDUS SEBAGAI SUMBER BELAJAR KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS X SMA) - Published Version
Download (324kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran konsep keanekaragaman hayati khususnya tumbuhan menuntut peserta didik melakukan pengamatan tumbuhan yang ada di sekitar. Pembelajaran luar kelas sulit dilakukan karena memerlukan waktu, biaya, transportasi, tenaga, dan pengelolaan peserta didik yang baik sehingga perlu dikembangkan ensiklopedia tumbuhan sebagai sumber belajar yang mendukung kegiatan pengamatan. Penelitian ini bertujuan menganalisis keanekaragaman tumbuhan berkormus Gunung Muria dan kelayakan ensiklopedia yang dikembangkan sebagai sumber belajar materi tumbuhan. Penelitian ini dirancang sebagai penelitian Research and Development (R&D). Pengamatan keanekaragaman tumbuhan berkormus di hutan Colo Gunung Muria menggunakan metode plot di dua lokasi penelitian, yaitu daerah terbuka ketinggian 870 m dpl dan daerah ternaung ketinggian 1.000 m dpl. Identifikasi jenis tumbuhan menggunakan metode perbandingan gambar. Gambar atau ilustrasi diperoleh dari laman gambar internet dan buku. Hasil penelitian ditemukan 5 jenis dari divisi Pteridophyta dan 26 jenis dari divisi Magnoliophyta di daerah terbuka. Daerah ternaung ditemukan 7 jenis dari divisi Pteridophyta dan 13 jenis dari divisi Magnoliophyta. Lokasi ketinggian 870 m dpl menunjukkan tumbuhan berkormus yang lebih beragam daripada lokasi ketinggian 1.000 m dpl. Komposisi tumbuhan kedua lokasi berbeda, meskipun terdapat 7 jenis tumbuhan yang sama. Keanekaragaman dan komposisi tumbuhan kedua lokasi lebih dipengaruhi oleh faktor cahaya. Penilaian ahli dan guru terhadap ensiklopedia mencapai kelayakan sebesar 87,6% dan menunjukkan ensiklopedia yang dikembangkan layak sesuai standar BSNP. Uji coba skala kecil penggunaan ensiklopedia dilaksanakan di MA NU Ibtidaul Falah Kudus di kelas X4 Semester Gasal tahun 2016/2017. Guru memberikan tanggapan baik. Peserta didik juga menunjukkan tanggapan positif sebesar 81,1%. Hasil belajar uji coba skala kecil menunjukkan 83% peserta didik mencapai KKM yang ditetapkan yaitu 70. Ensiklopedia beberapa tumbuhan kormus layak digunakan sebagai sumber belajar konsep keanekaragaman hayati materi tumbuhan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: ensiklopedia, keanekaragaman tumbuhan berkormus, sumber belajar.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QK Botany
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Sejarah, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 03 Jul 2019 16:25
Last Modified: 03 Jul 2019 16:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32311

Actions (login required)

View Item View Item