PENERAPAN MODEL AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) PADA MATERI SEL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 JAKENAN


Iis Sutiyani , 4401412026 (2017) PENERAPAN MODEL AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) PADA MATERI SEL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 JAKENAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN MODEL AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) PADA MATERI SEL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 JAKENAN]
Preview
PDF (PENERAPAN MODEL AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) PADA MATERI SEL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 JAKENAN) - Published Version
Download (336kB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran biologi di SMA N 1 Jakenan secara umum masih berpusat pada guru sehingga ruang keaktifan siswa masih kurang. Materi Sel merupakan materi yang sulit untuk dikuasai oleh siswa karena materi sel cenderung abstrak. Model Auditory Intellectually Repetition (AIR) merupakan alternatif pembelajaran biologi yang merupakan salah satu model pembelajaran dengan pendekatan kontruktivis yang menekankan bahwa belajar haruslah memanfaatkan semua alat indra yang dimiliki siswa, dengan adanya penggunaan banyak panca indra yang terlibat, maka akan meningkatkan pemahaman konsep siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan Model Auditory Intellectually Repetition (AIR) pada materi sel terhadap hasil belajar siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Jakenan. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experiment yang menggunakan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI Jurusan MIA SMA Negeri 1 Jakenan yang terdaftar pada semester I tahun ajaran 2016/2017. Sampel penelitian ditentukan secara Convinience Sampling, yaitu kelas XI MIA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 3 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, tes, observasi, angket, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model AIR pada kelas eksperimen berbeda signifikan terhadap kelas kontrol dengan analisis hasil belajar kognitif siswa, uji t menunjukkan thitung 7,426 > ttabel 1,988 dengan taraf signifikan 0,05 sehingga dapat terlihat adanya perbedaan peningkatan hasil belajar kedua kelas.Uji N-gain kelas eksperimen 84% berada pada kategori sedang sampai tinggi, sedangkan kelas kontrol 41% kategori sedang sampai tinggi.Uji t rata-rata skor N-gain dengan thitung 4,80 > ttabel 1,988. Analisis aktivitas siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol yaitu dengan persentase kriteria sangat aktif dan aktif untuk kelas eksperimen 93,18%, sedangkan kelas kontrol 78,57%. Analisis hasil belajar psikomotorik pada kelas eksperimen sebesar 14% pada kriteria sangat baik dan 84% pada kriteria baik, sedangkan kelas kontrol memperoleh persentase 5% pada kriteria sangat baik dan 71% pada kriteria baik. Rata-rata tingkat keterlaksanaan model AIR sebesar 86%, hal ini menunjukkan tingkat keterlaksanaan model AIR dilaksanakan dengan sangat baik. Kesimpulan penelitian penerapan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) pada materi sel berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Auditory Intellectually Repetition (AIR), hasil belajar, sel.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 03 Jul 2019 16:25
Last Modified: 03 Jul 2019 16:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32309

Actions (login required)

View Item View Item