KAJIAN PENGEMBANGAN ENVIRO-SCIENCE MAGZ BERBASIS KARYA ILMIAH SEBAGAI SUPLEMEN BELAJAR SISWA DI SMP


Zahrina Nur Laela, 4401412020 (2017) KAJIAN PENGEMBANGAN ENVIRO-SCIENCE MAGZ BERBASIS KARYA ILMIAH SEBAGAI SUPLEMEN BELAJAR SISWA DI SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KAJIAN PENGEMBANGAN ENVIRO-SCIENCE MAGZ BERBASIS KARYA ILMIAH SEBAGAI SUPLEMEN BELAJAR SISWA DI SMP]
Preview
PDF (KAJIAN PENGEMBANGAN ENVIRO-SCIENCE MAGZ BERBASIS KARYA ILMIAH SEBAGAI SUPLEMEN BELAJAR SISWA DI SMP) - Published Version
Download (421kB) | Preview

Abstract

Sumber belajar yang berupa majalah sangat diminati siswa. Majalah berbasis karya ilmiah yang dibuat oleh siswa perlu dikembangkan sebagai suplemen dalam pembelajaran IPA di SMP. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Enviro-Science Magz berbasis karya ilmiah sebagai suplemen dalam mata pelajaran IPA khususnya materi pencemaran lingkungan di SMP. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan subjek uji coba siswa SMP Negeri 19 Semarang. Tahap-tahap penelitian meliputi identifikasi potensi dan masalah, pengumpulan data, pembuatan desain Enviro-Science Magz, validasi desain oleh ahli materi dan media, revisi desain tahap I, uji coba skala kecil menggunakan 36 siswa kelas VII H, revisi tahap II, uji coba skala besar (uji kelayakan) menggunakan kelas VII E dan VII F masingmasing berjumlah 36 siswa, revisi akhir, dan produk final. Teknik pengambilan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan tes. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah validitas majalah oleh ahli materi dan media, tanggapan siswa dan guru terhadap majalah, hasil belajar siswa, dan minat siswa terhadap majalah yang dikembangkan. Data tersebut dianalisis dengan deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Enviro-Science Magz berbasis karya ilmiah layak digunakan sebagai suplemen belajar siswa di SMP. Hal ini dapat dilihat dari hasil persentase validasi oleh ahli materi sebesar (82,5%), ahli media (95,84%), tanggapan siswa (84,58%) dan guru (100%) menunjukkan kriteria sangat valid, N-gain kelas VII E sebesar 0,48 (sedang) dan kelas VII F sebesar 0,52 (sedang), ketuntasan klasikal siswa kelas VII E sebesar 80,56% sedangkan kelas VII F sebesar 86,11%, dan minat siswa menunjukkan rata-rata persentase sebesar 72,63% (baik). Berdasarkan hasil penelitian diatas, disimpulkan bahwa Enviro-Science Magz berbasis karya ilmiah yang dikembangkan valid dan layak digunakan sebagai suplemen belajar siswa di SMP.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Enviro-Science Magz, karya ilmiah, suplemen belajar
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QK Botany
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 03 Jul 2019 16:25
Last Modified: 03 Jul 2019 16:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32307

Actions (login required)

View Item View Item