ANALISIS PELAKSANAAN ASESMEN KINERJA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI 13 SEMARANG


Nurhayati , 4401410036 (2017) ANALISIS PELAKSANAAN ASESMEN KINERJA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI 13 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS PELAKSANAAN ASESMEN KINERJA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI 13 SEMARANG]
Preview
PDF (ANALISIS PELAKSANAAN ASESMEN KINERJA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI 13 SEMARANG) - Published Version
Download (461kB) | Preview

Abstract

Asesmen kinerja merupakan proses penilaian yang cocok untuk menilai ketercapaian ketuntasan belajar pada kompetensi keterampilan (psikomotorik) karena penilaian ini dilakukan dengan mengamati kegiatan siswa dalam melakukan suatu hal. Asesmen kinerja dalam pembelajaran biologi akan mampu menuntun dan menunjukkan keterampilan siswa untuk menyelesaikan tugas-tugas kinerja dengan menggunakan pengetahuan yang diperolehnya selama proses pembelajaran biologi yang telah diikutinya. Penilaian hasil belajar siswa pada pembelajaran biologi di SMA N 13 Semarang salah satunya dengan menggunakan asesmen kinerja. Pelaksanaan asesmen kinerja tidak selamanya dapat dilaksanakan sesuai dengan RPP dikarenakan guru mengalami beberapa kendala dalam pelaksanaannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan asesmen kinerja yang dilaksanakan oleh guru biologi di SMA Negeri 13 Semarang pada pembelajaran biologi materi respirasi. Penelitian dilakukan untuk menjawab pertanyaan penelitian mengenai pelaksanaan pembelajaran biologi pada materi respirasi, kesesuaian antara perencanaan dengan pelaksanaan penilaian, pelaksanaan asesmen kinerja pada praktikum respirasi serangga, kelengkapan instrumen kinerja, dan kendala-kendala pelaksanaan asesmen kinerja. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa di kelas XI IPA 1, XI IPA 2, XI IPA 3, dan XI IPA 4. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi partisipasi pasif, wawancara, dan kuesioner guru. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran dan penilaian pada RPP guru mampu memfasilitasi pelaksanaan asesmen kinerja. Pelaksanaan asesmen kinerja terlaksana sesuai rencana dengan persentase 80%. Pengkomunikasian kriteria penilaian dan teknik pengambilan nilai yang dilakukan belum optimal. Instrumen penilaian belum tersedia lengkap sesuai dengan kebutuhan penilaian. Instrumen yang tersedia belum digunakan secara optimal. Hal ini dikarenakan guru mengalami beberapa kendala dalam pelaksanaannya. Simpulan dari penelitian ini adalah pelaksanaan asesmen kinerja pada pembelajaran biologi materi respirasi di SMA N 13 Semarang sudah baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Asesmen kinerja, pembelajaran biologi
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QK Botany
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 03 Jul 2019 15:47
Last Modified: 03 Jul 2019 15:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32301

Actions (login required)

View Item View Item