PENERAPAN LKS TREASURE HUNT BERBASIS JAS DALAM MATERI EKOSISTEM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA


Panji Irawan , 4401410027 (2017) PENERAPAN LKS TREASURE HUNT BERBASIS JAS DALAM MATERI EKOSISTEM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN LKS TREASURE HUNT BERBASIS JAS DALAM MATERI EKOSISTEM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA]
Preview
PDF (PENERAPAN LKS TREASURE HUNT BERBASIS JAS DALAM MATERI EKOSISTEM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA) - Published Version
Download (312kB) | Preview

Abstract

Materi ekosistem LKS Treasure Hunt Biologi ini mengajak siswa untuk bermain sambil belajar dilingkungan sekolah. Pembelajaran di SMA Negeri Tiga Temanggung lebih sering menerapkan metode ceramah. Pemanfaatan objek nyata juga kurang optimal selama pembelajaran. LKS yang dikembangkan dari penerapan pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS). Melalui penerapan pendekatan JAS diharapkan akan meningkatkan pemahaman dan kecintaan siswa terhadap lingkungan serta menawarkan pembelajaran yang menarik yang dapat meningkatkan motivasi siswa. Model pembelajaran dengan menggunakan LKS Treasure Hunt, diharapkan dapat meningkatkan kreatifitas, pemahaman terhadap materi dan rasa solidaritas siswa. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X SMA N 3 Temanggung, Waktu pelaksanaan pengambilan data dilakukan pada semester genap bulan Januari tahun 2017 yaitu ketika materi ekosistem sedang diajarkan di sekolah.pada semester gasal dengan desain Posttest – Only Control Design. Populasi penelitian ini meliputi seluruh siswa kelas X. Sampel yang digunakan yaitu kelas X MIPA 2 dan X MIPA 3 dengan teknik pengambilan convenience sampling. Data yang diperoleh berupa hasil postest siswa, tanggapan siswa dan guru terhadap pembelajaran menggunakan LKS Treasure Hunt. Penelitian ini dinyatakan berpengaruh apabila terdapat perbedaan yang signifikan antara keterampilan berpikir kritis kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data postest siswa diuji menggunakan uji t. Sebelum diuji menggunakan uji t, yang pertma adalah melakukan uji normalitas pada data postest siswa. Hasil postest menunjukkan adanya perbedaan yang signifkan yaitu hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol yaitu 76,79 dan 65,5 . Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan LKS Treasure Hunt pada materi ekosistem berpengaruh lebih baik terhadap hasil belajar siswa siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Ekosistem, JAS, LKS Treasure Hunt,
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QK Botany
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 03 Jul 2019 15:47
Last Modified: 03 Jul 2019 15:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32300

Actions (login required)

View Item View Item