PENGEMBANGAN MEDIA FLASH PENGGUNAAN MIKROSKOP DALAM KEGIATAN PRAKTIKUM BIOLOGI
Dheny Prasetya , 4401410013 (2017) PENGEMBANGAN MEDIA FLASH PENGGUNAAN MIKROSKOP DALAM KEGIATAN PRAKTIKUM BIOLOGI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA FLASH PENGGUNAAN MIKROSKOP DALAM KEGIATAN PRAKTIKUM BIOLOGI)
- Published Version
Download (418kB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan observasi di SMAN 5 Magelang, hampir 75% siswa belum mengetahui cara menggunakan mikroskop yang benar. Selain itu, berdasarkan temuan di lapangan, ketika guru mengajarkan cara menggunakan mikroskop, guru hanya menjelaskan di depan menggunakan mikroskop tanpa berbantuan suatu media pembelajaran khususnya media pembelajaran berbasis teknologi. Penelitian ini bertujuan mengetahui ketersediaan media pembelajaran, mengembangkan dan menguji kelayakan media. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dan diujicobakan menggunakan desain One-shot case study.Penelitian melalui tahapan mengidentifikasi potensi dan masalah, pengumpulan data, mendesain produk, validasi pakar, revisi, uji coba produk skala terbatas, revisi, dan uji coba skala luas sehingga dihasilkan produk final. Uji coba skala terbatas dilakukan pada 25 siswa kelas XI di SMA N 5 Magelang dan uji coba skala luas dilakukan pada 50 siswa kelas XI di SMA N 5 Magelang. Hasil analisis ketersediaan media pembelajaran yang digunakan di SMAN 5 Magelang adalah LKS, LDS, buku paket, modul, gambar, foto dan media slide Microsoft Power Point,namun media berbasis komputer belum tersedia. Penilaian pakar menunjukan bahwa media flash penggunaan mikroskop dalam kegiatan praktikum biologi layak digunakan sebagai media pembelajaran.Hasil validasi ahli media dan materi berturut-turut sebesar 82% dan 69% dengan kriteria layak. Hasil uji coba skala kecil menunjukkan tanggapan positif terhadap media flash penggunaan mikroskop, sedangkan uji coba skala luas menunjukan hasil 82% siswa dengan kriteria terampil dalam menggunakan mikroskop. Hasil angket tanggapan siswa menunjukkan kriteria sangat baik terhadap pembelajaran media flash penggunaan mikroskop dan baik pada seluruh aspek yang ditanyakan, sedangkan guru memberikan respon yang sangat baik.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Flash, Penggunaan Mikroskop |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) Q Science > QK Botany |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1 |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 03 Jul 2019 15:47 |
Last Modified: | 03 Jul 2019 15:47 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32298 |
Actions (login required)
View Item |