PENGARUH PENERAPAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA


Muhamad Khanifudin , 4401410009 (2017) PENGARUH PENERAPAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PENERAPAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA]
Preview
PDF (PENGARUH PENERAPAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA) - Published Version
Download (350kB) | Preview

Abstract

Perangkat pembelajaran berfungsi sebagai sarana bagi siswa untuk membangun pengetahuan dalam kegiatan belajar mengajar. Perangkat pembelajaran yang baik apabila diterapkan pada pembelajaran, mampu mendorong siswa untuk aktif dan kreatif. Salah satu alternatif yang dapat digunakan dalam penyelenggaraan pembelajaran sehingga dapat membantu siswa menjadi aktif adalah dengan adanya LKS yang disusun dengan model pembelajaran berbasis pendekatan ilmiah. Penelitian ini merupakan penelitian quasi-experimental design dengan rancangan posttest-only design. Penelitian dilaksanakan pada semester gasal tahun ajaran 2015/2016 di SMA 1 Sultan Agung Semarang pada kelas XI dengan materi sistem peredaran darah. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Data yang diambil berupa hasil belajar menggunakan metode tes; tingkat aktivitas siswa menggunakan metode observasi; dan tingkat keterlaksanaan menggunakan metode observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat keterlaksanaan pembelajaran menggunakan LKS berbasis scientific approach yaitu 100%. Hasil dari penelitian ini adalah penerapan LKS berbasis Scientific Approach pada materi sistem peredaran darah di SMA Sultan Agung berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. Nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen (81,59) lebih tinggi daripada kelas kontrol (70,38). Hail uji Independent-Samples T Test menunjukkan nilai thitung (4,442) lebih besar daripada nilai ttabel (1,985). Aktivitas siswa menunjukkan skor sebesar 88,90% (sangat aktif) dan hasil belajar siswa menunjukkan nilai rata-rata sebesar 81,59 dimana jumlah tersebut melebihi KKM yang telah ditentukan yakni 70.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Siswa, Scientific Approach, Sistem peredaran darah
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QK Botany
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 03 Jul 2019 15:47
Last Modified: 03 Jul 2019 15:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32296

Actions (login required)

View Item View Item