Proses Elektrokoagulasi untuk Menurunkan Kadar Thorium dalam Limbah Hasil Pengolahan Logam Tanah Jarang


Indah Muji Mulyani , 4311413071 (2017) Proses Elektrokoagulasi untuk Menurunkan Kadar Thorium dalam Limbah Hasil Pengolahan Logam Tanah Jarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Proses Elektrokoagulasi untuk Menurunkan Kadar Thorium dalam Limbah Hasil Pengolahan Logam Tanah Jarang]
Preview
PDF (Proses Elektrokoagulasi untuk Menurunkan Kadar Thorium dalam Limbah Hasil Pengolahan Logam Tanah Jarang) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Proses pengolahan logam tanah jarang menimbulkan limbah yang mengandung pengotor seperti unsur radioaktif thorium. Limbah yang mengandung thorium berbahaya untuk pernapasan atau beresiko kanker paru-paru dan leukimia jika tidak dikelola dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis plat elektroda, tegangan dan waktu kontak yang dibutuhkan untuk mengurangi kandungan thorium secara optimum dan efektif dengan melihat besar konsumsi elektroda dan energi yang digunakan dalam prosesnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu proses elektrokoagulasi dengan variasi jenis plat (berturut-turut dengan susunan katoda-anoda yaitu alumuniumalumunium, alumunium-tembaga, tembaga-alumunium dan tembaga-tembaga), tegangan (1, 2 dan 3 V) dan waktu kontak selama 60 menit. Parameter lain yang juga diukur yaitu kuat arus, pH, suhu, berat elektroda sebelum dan sesudah proses elektrokoagulasi, konsumsi elektroda dan energi. Dari hasil penelitian diketahui bahwa jenis plat yang paling efektif yaitu Al-Al dengan efisiensi penyisihan sebesar 98,06% pada waktu 5 menit dengan besar konsumsi elektroda dan energi berturut-turut sebesar 5,95 × 10-3 g/m3 dan 117,20 kWh/m3, serta tegangan yang dibutuhkan untuk proses elektokoagulasi secara optimum yaitu 2 V.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: proses elektrokoagulasi, thorium, logam tanah jarang
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 03 Jul 2019 15:46
Last Modified: 03 Jul 2019 15:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32290

Actions (login required)

View Item View Item