PREPARASI NANOZEOLIT DARI ZEOLIT ALAM GUNUNGKIDUL DENGAN METODE TOP-DOWN SEBAGAI ASPIRIN CARRIER


Yogo Setiawan , 4311413062 (2017) PREPARASI NANOZEOLIT DARI ZEOLIT ALAM GUNUNGKIDUL DENGAN METODE TOP-DOWN SEBAGAI ASPIRIN CARRIER. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PREPARASI NANOZEOLIT DARI ZEOLIT ALAM GUNUNGKIDUL DENGAN METODE TOP-DOWN SEBAGAI ASPIRIN CARRIER]
Preview
PDF (PREPARASI NANOZEOLIT DARI ZEOLIT ALAM GUNUNGKIDUL DENGAN METODE TOP-DOWN SEBAGAI ASPIRIN CARRIER) - Published Version
Download (883kB) | Preview

Abstract

Zeolit alam dapat digunakan sebagai drug delivery yang tidak berbahaya dan melimpah di alam. Zeolit dapat digunakan sebagai drug delivery karena memiliki kemampuan adsorpsi yang besar dan pembawa yang baik dengan matriks yang stabil dan memiliki anti-asam sehingga tidak merusak organ tubuh terutama pada lambung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik nanozeolit yang dipreparasi dari zeolit alam Gunungkidul dan kemampuan optimum dalam mengadsorpsi dan release sebagai carrier aspirin. Zeolit yang digunakan dalam penelitian adalah zeolit alam hasil ayakan 230 mesh (ZA), zeolit alam yang diaktivasi dengan HCl 1M dan dikalsinasi pada suhu 6000C (ZAA), dan zeolit alam nanopartikel yang diperoleh secara milling selama 10 jam dengan kecepatan 1000 rpm (ZAN). Hasil analisis menunjukan zeolit ZAN memiliki ukuran partikel sebesar 188,3 nm, ukuran kristal sebesar 32 nm, dengan luas permukaan sebesar 18,980 m2/g dan ukuran pori 132,878 Å. Morfologi zeolit nanopartikel berbentuk bulat-bulat kecil dengan morfologi amorf, namun belum secara keutuhan homogen dengan ukuran partikel 63,7 nm. Efektifitas Zeolit Alam (ZA) sebagai aspirin carrier mengikuti mekanisme controlled release dengan waktu optimum release pada 30 menit sebesar 43,80%. Pada Zeolit Alam Aktivasi (ZAA) mengikuti mekanisme controlled release dengan waktu optimum release pada 30 menit sebesar 57,35%. Pada Zeolit Alam Nanopartikel (ZAN) mengikuti mekanisme sustained release dengan waktu optimum pada 60 menit sebesar 91,48%. Realease yang terjadi secara difusi dan osmosis. Zeolit ZA dan ZAA lebih efektif digunakan sebagai carrier obat nyeri dan peradangan, sedangkan zeolit ZAN lebih efektif digunakan sebagai carrier obat penyakit organ dalam. Zeolit dapat digunakan karena efisien, melimpah di alam dan tidak beracun.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: adsorpsi aspirin, nanopartikel, release aspirin, drug delivery, carrier, zeolit
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 03 Jul 2019 15:46
Last Modified: 03 Jul 2019 15:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32289

Actions (login required)

View Item View Item