DESAIN STUDENT WORK SHEET BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA MATERI KOLOID


Sri Wahyu Oktaviana , 4301413103 (2017) DESAIN STUDENT WORK SHEET BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA MATERI KOLOID. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of DESAIN STUDENT WORK SHEET BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA MATERI KOLOID]
Preview
PDF (DESAIN STUDENT WORK SHEET BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA MATERI KOLOID) - Published Version
Download (505kB) | Preview

Abstract

Ketersediaan sarana dan prasarana sebagai pendukung keberhasilan pembelajaran terkadang tidak mencukupi untuk melaksanakan proses belajar mengajar secara mandiri. Lembar Kerja Siswa (LKS) merupakan salah satu sarana pendukung keberhasilan pembelajaran kimia. LKS yang ada hanya berisi penjelasan materi singkat dan soal-soal saja sehingga belum disesuaikan dengan karakteristik siswa maupun keterampilan yang ingin dilatihkan. Oleh karena itu, perlu dikembangkan LKS khusus agar disesuaikan dengan karakteristik siswa. LKS berbasis contextual teaching and learning diharapkan mampu menjawab permasalahan tersebut, serta mampu mengembangkan keterampilan proses sains siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, keefektifan, kepraktisan terhadap LKS yang dikembangkan. Penelitian ini dirancang dengan desain Research and Development. Desain ini menggunakan 4-D Models yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Metode penelitian dilakukan dengan metode wawancara, metode observasi, metode angket, metode tes, dan metode dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa LKS dinyatakan layak digunakan dengan rerata skor validasi oleh ahli materi sebesar 62 dari skor total 68 dengan kriteria sangat layak dan rerata skor validasi oleh ahli media sebesar 63 dari skor total 72 dengan kriteria sangat layak. LKS dinyatakan efektif berdasarkan tes tertulis dan hasil observasi mendapatkan predikat baik pada setiap indikatornya. LKS dinyatakan praktis ditunjukkan dengan perolehan rerata skor tanggapan siswa pada uji coba skala kecil sebesar 38 dari skor total 48 dengan kriteria praktis dan rerata skor tanggapan guru sebesar 44 dari skor total 52 dengan kriteria sangat praktis. Uji coba skala besar rerata skor tanggapan siswa sebesar 40 dengan kriteria sangat praktis. Implementasi rerata skor tanggapan siswa sebesar 40 dari skor total 48 dengan kriteria sangat praktis. Simpulan yang diperoleh adalah LKS berbasis contextual teaching and learning untuk analisis keterampilan proses sains siswa materi koloid dinyatakan layak, efektif dan praktis, sehingga dapat diterapkan dalam pembelajaran kimia.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 03 Jul 2019 15:40
Last Modified: 03 Jul 2019 15:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32263

Actions (login required)

View Item View Item