KEEFEKTIFAN MEDIA CHEM-CONCEPTANIMATION DALAM UPAYA PELAKSANAAN PROGRAM REMIDIASI MISKONSEPSI SISWA SMA PADA PEMBELAJARAN STRUKTUR MATERI KIMIA


Ervina Yuni Pratama , 4301413094 (2017) KEEFEKTIFAN MEDIA CHEM-CONCEPTANIMATION DALAM UPAYA PELAKSANAAN PROGRAM REMIDIASI MISKONSEPSI SISWA SMA PADA PEMBELAJARAN STRUKTUR MATERI KIMIA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MEDIA CHEM-CONCEPTANIMATION DALAM UPAYA PELAKSANAAN PROGRAM REMIDIASI MISKONSEPSI SISWA SMA PADA PEMBELAJARAN STRUKTUR MATERI KIMIA]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MEDIA CHEM-CONCEPTANIMATION DALAM UPAYA PELAKSANAAN PROGRAM REMIDIASI MISKONSEPSI SISWA SMA PADA PEMBELAJARAN STRUKTUR MATERI KIMIA) - Published Version
Download (491kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode pra-eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui kelayakan, keefektifan, dan tanggapan terhadap penggunaan media chem-concept-animation dalam meremidiasi miskonsepsi siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Ambarawa. Desain Penelitian yang digunakan yaitu One Group Pretest-Postest Design. Sampel yang digunakan sebanyak satu kelas yang dipilih dengan teknik purposive sampling yang kemudian dibagi menjadi dua kelompok yaitu atas dan bawah. Hasil analisis penelitian untuk persentase siswa yang paham konsep meningkat sebesar 84,46% pada kelompok atas dan 67,47% pada kelompok bawah. Sedangkan persentase miskonsepsi dan tidak tahu konsep yang dialami siswa menurun sebesar 32,16% pada kelompok atas dan 37,97% pada kelompok bawah untuk konsepsi miskonsepsi siswa serta 97,21% pada kelompok atas dan 78,63% pada kelompok bawah untuk siswa yang tidak tahu konsep. Hasil uji Wilcoxon pada kelompok atas diperoleh Zhitung sebesar -2,676 dan Zhitung pada kelompok bawah sebesar -2,014. Besar Zkritis adalah 1,96 sehingga didapatkan hasil bahwa Zhitung lebih kecil dari Zkritis. Media chem-concept-animation mendapat respon positif dari siswa sebagai pengguna. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa media chem-concept-animation efektif dalam meremidiasi miskonsepsi yang terjadi pada siswa, khususnya pada kelompok bawah. Serta efektif dalam menggeser konsepsi siswa dari tidak tahu konsep menjadi paham konsep, khususnya pada kelompok atas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Chem-Concept-Animation, Struktur Materi Kimia, dan Miskonsepsi.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 03 Jul 2019 15:40
Last Modified: 03 Jul 2019 15:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32258

Actions (login required)

View Item View Item