DESAIN MEDIA TERINTEGRASI PETA KONSEP MULTI REPRESENTASI MATERI BUFFER DAN HIDROLISIS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMA
Ana Aminatul Aliyah , 4301413093 (2017) DESAIN MEDIA TERINTEGRASI PETA KONSEP MULTI REPRESENTASI MATERI BUFFER DAN HIDROLISIS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (DESAIN MEDIA TERINTEGRASI PETA KONSEP MULTI REPRESENTASI MATERI BUFFER DAN HIDROLISIS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMA)
- Published Version
Download (273kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui karakteristik, kelayakan, kepraktisan, tanggapan positif, dan keefektifan media dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa SMA pada materi buffer dan hidrolisis. Siswa saat memahami konsep tidak menggunakan ketiga representasi. Media yang bisa membantu siswa dalam memahami konsep dengan menggunakan ketiga representasi yaitu peta konsep multi representasi. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan metode Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan 4-D (four D) terdiri atas define atau pendahuluan, design atau rancangan, develop atau pengembangan, dan disseminate atau penyebarluasan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA N 5 Semarang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi, tes, dan angket. Data yang diperoleh pada penelitian ini adalah hasil validasi para pakar, tanggapan siswa, hasil pretest dan posttest siswa pada uji skala kecil, skala besar, dan implementasi. Peta konsep yang dikembangkan memiliki karakteristik tersendiri yaitu terintegrasi multi representasi. Hasil validasi kelayakan tampilan dan isi berturut-turut mendapat rerata skor 26/30 dengan kategori sangat layak dan 29/35 dengan kategori layak. Ketuntasan klasikal siswa dari skala kecil, skala besar, dan implementasi berturut-turut siswa yang tuntas sebanyak 16/33 atau 48,48%; 55/67 atau 82,09%; dan 50/66 atau 75,76%. Pemahaman konsep soal pretest dan posttest secara keseluruhan dari skala kecil, skala besar, dan implementasi berturut-turut adalah 39,39%/50,61%; 38,43%/54,33%; dan 38,48%/56,36%. Media ajar yang dikembangkan dapat memberikan tanggapan positif dengan rerata skor yang didapatkan dari skala kecil, skala besar, dan implementasi berturut-turut 41,52; 41,49; dan 42,65 dengan kriteria baik. Berdasarkan hasil penelitian, media ajar peta konsep terintegrasi multi representasi yang dikembangkan layak, praktis, mendapatkan tanggapan positif, dan efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa SMA.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Buffer, Hidrolisis, Multi Representasi, Pemahaman Konsep, Peta Konsep |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) Q Science > QD Chemistry |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1 |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 03 Jul 2019 15:39 |
Last Modified: | 03 Jul 2019 15:39 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32257 |
Actions (login required)
View Item |