ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP DAN KREATIVITAS SISWA MATERI REDOKS DAN TATA NAMA SENYAWA BERBASIS (VISUAL, AUDITORIAL, KINESTETIK) BERPENDEKATAN CHEMOEDUTAINMENT


Lavitia Iis Parlina , 4301413089 (2017) ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP DAN KREATIVITAS SISWA MATERI REDOKS DAN TATA NAMA SENYAWA BERBASIS (VISUAL, AUDITORIAL, KINESTETIK) BERPENDEKATAN CHEMOEDUTAINMENT. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP DAN KREATIVITAS SISWA MATERI REDOKS DAN TATA NAMA SENYAWA BERBASIS (VISUAL, AUDITORIAL, KINESTETIK) BERPENDEKATAN CHEMOEDUTAINMENT]
Preview
PDF (ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP DAN KREATIVITAS SISWA MATERI REDOKS DAN TATA NAMA SENYAWA BERBASIS (VISUAL, AUDITORIAL, KINESTETIK) BERPENDEKATAN CHEMOEDUTAINMENT) - Published Version
Download (303kB) | Preview

Abstract

Mata pelajaran kimia dinilai siswa sebagai mata pelajaran yang sulit, karena terdapat proses hitung-menghitung. Metode yang sering diterapkan yaitu ceramah, diskusi dan tanya jawab. Alokasi mata pelajaran kimia kelas X MIPA yaitu 3 jam pelajaran diadakan secara langsung disetiap minggunya, menyebabkan siswa mengalami kejenuhan. Kondisi siswa yang mengalami kejenuhan dapat dicoba dengan pembelajaran yang menyenangkan. Pembelajaran chemoedutainment merupakan perpaduan pendidikan dengan hiburan.Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis pemahaman konsep, kreativitas siswa berbasis (visual, auditorial, kinestetik) berpendekatan chemoedutainment terhadap hasil belajar dan tanggapan/ respon siswa. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X MIPA SMA Negeri 1 Tayu tahun pelajaran 2016/2017. Sampel penelitian yaitu kelas X MIPA 3 sebagai kelas kontrol dan kelas X MIPA 4 kelas eksperimen. Kelas kontrol menggunakan pembelajaran chemoedutainment hanya berbasis visual, sementara eksperimen berbasis (visual, auditorial, kinestetik). Metode pengumpulan data berupa observasi, angket dan tes. Metode tes menggunakan soal pemahaman konsep yang berwujud pilihan ganda beralasan. Soal pemahaman konsep dianalisis dalam kategori dari kecil sekali sampai besar sekali disetiap nomor soal dan indikator. Hasil analisis pemahaman konsep kelas eksperimen lebih tinggi 57,5% dibandingkan kelas kontrol 17,5%. Hasil analisis kreativitas baik dari pembuatan mind mapping, pembuatan lagu dan puisi kimia serta tampilan musikalisasi puisi kimia, sebagian besar siswa mendapatkan kategori sangat baik dan baik lebih dari 50%. Hasil analisis soal kreativitas siswa bahwa dilihat dari nilai ketuntasan nilai kimia secara nasional kelas eksperimen lebih tinggi 87,5% dibandingkan kelas kontrol 67,5%. Reliabilitas tanggapan siswa 0,906 dalam kategori baik. Simpulan dari penelitian ini yaitu hasil analisis pemahamn konsep siswa kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol. Hasil analisis kreativitas siswa dalam menuangkan materi kedalam karya (mind mapping, lagu dan puisi kimia serta tampilan musikalisasi puisi kimia sudah tinggi, karena lebih dari 50%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Chemoedutainment, kreativitas, pemahamaan konsep
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 28 Jun 2019 16:50
Last Modified: 28 Jun 2019 16:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32254

Actions (login required)

View Item View Item