PENGARUH DESAIN CONTEXTUAL CHEMISTRY MODUL (CCM) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS XI IPA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN
Aufa Laili Muhtarina , 4301413086 (2017) PENGARUH DESAIN CONTEXTUAL CHEMISTRY MODUL (CCM) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS XI IPA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGARUH DESAIN CONTEXTUAL CHEMISTRY MODUL (CCM) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS XI IPA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN)
- Published Version
Download (657kB) | Preview |
Abstract
Kimia merupakan ilmu yang kompleks dan menekankan pada konsep. Agar lebih mudah untuk memahami perlu dikaitkan dengan kehidupsan sehari-hari sehingga mudah untuk memahami. namun tidak banyak siswa yang menyadari jika ilmu kimia mudah ditemui pada kehidupan sehari-hari. CCM adalah bahan ajar berupa modul yang didesain dengan berorientasi kontekstual. Modul dikaitkan dengan contoh aplikasi kehidupan sehari-hari dan disesuaikan denga sintak pendekatan kontekstual. Penelitian bertujuan untuk mengetahui kelayakan modul CCM dan keefektifan modul bagi siswa terhadap pemahaman konsep. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1, XI IPA 3, dan XI IPA 4 SMA Negeri 09 Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Research and Development dengan model pengembangan 4-D menurut Thiagarajan & Sammel, yang kemudian dimodifikasi menjadi 3-D karena penelitian sebatas prototype. Model 3-D terdiri dari pendefinisian (Define), perancangan (Design), dan pengembengan (develop). Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh Contextual Chemistry Modul (CCM) sangat layak digunakan sesuai dengan penilaian ahli materi dan media dengan perolehan nilai ahli materi 3,48 dan ahli media 3,44. Hasil angket tanggapan siswa sebesar 84,07% dengan kriteria sangat baik, sedangkan hasil angket tanggapan guru sebesar 41,5 termasuk katerori sangat baik. Contextual Chemistry Modul (CCM) efektif digunakan sebagai bahan ajar siswa yang dilihat dari hasil penilaian pretest-posttest dari kelas eksperimen 1 (menggunakan Contextual Chemistry Modul (CCM)) dan kelas eksperimen 2 (menggunakan LKS). Hasil analisis tingkat pemahaman konsep diuji dengan rumus N-gain dan memperoleh hasil kelas eksperimen 1 sebesar 0,73 kategori tinggi serta kelas eksperimen 2 sebesar 0,70 kategori sedang. Rata-rata nilai klasikal siswa untuk kelas eksperimen 1 sebesar 80,17 dan kelas eksperimen 2 sebesar 76,68. Berdasarkan hasil penelitian di SMA Negeri 09 Semarang dapat disimpulkan bahwa Contextual Chemistry Modul (CCM) layak digunakan berdasarkan penilaian ahli dan mendapat respon positif dari siswa dan guru, serta efektif digunakan untuk pembelajaran karena dapat meningkatkan pemahaman konsep bagi siswa kelas eksperimen 1.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Contextual Chemistry Modul (CCM), pemahaman konsep. |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) Q Science > QD Chemistry |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1 |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 28 Jun 2019 16:50 |
Last Modified: | 28 Jun 2019 16:50 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32251 |
Actions (login required)
View Item |