PERBANDINGAN PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP ANTARA PENGGUNAAN PENDEKATAN INDUKTIF DENGAN DEDUKTIF MENGGUNAKAN THREE-TIER DIAGNOSTIC TEST PADA SISWA DI TAIWAN


Irene Wardhani Kusuma , 4301413079 (2017) PERBANDINGAN PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP ANTARA PENGGUNAAN PENDEKATAN INDUKTIF DENGAN DEDUKTIF MENGGUNAKAN THREE-TIER DIAGNOSTIC TEST PADA SISWA DI TAIWAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERBANDINGAN PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP ANTARA PENGGUNAAN PENDEKATAN INDUKTIF DENGAN DEDUKTIF MENGGUNAKAN THREE-TIER DIAGNOSTIC TEST PADA SISWA DI TAIWAN]
Preview
PDF (PERBANDINGAN PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP ANTARA PENGGUNAAN PENDEKATAN INDUKTIF DENGAN DEDUKTIF MENGGUNAKAN THREE-TIER DIAGNOSTIC TEST PADA SISWA DI TAIWAN) - Published Version
Download (254kB) | Preview

Abstract

Kimia merupakan ilmu pengetahuan yang sarat akan konsep-konsep yang perlu dipahami dengan benar. Jenis pendekatan yang tidak sesuai dapat menjadikan siswa kesulitan dalam memahami konsep dari suatu materi pembelajaran, sehingga dapat membawa siswa pada terjadinya miskonsepsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan peningkatan pemahaman konsep antara siswa kelas K1 yang diberi pembelajaran berpendekatan deduktif dengan siswa kelas K2 yang diberi pembelajaran berpendekatan induktif, pada pokok bahasan Kimia dan Materi, Teori Kinetik, dan Klasifikasi Materi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif-komparatif. Instrumen yang digunakan adalah angket siswa, lembar pengamatan, serta soal three-tier diagnostic test. Hasil analisis angket siswa menunjukkan 38 dari 68 siswa memilih pendekatan deduktif sebagai pendekatan yang baik digunakan dalam proses pembelajaran sesuai karakteristik siswa. Hasil analisis lembar pengamatan menunjukkan pendekatan deduktif memperoleh 12 poin lebih banyak dibandingkan pendekatan induktif dalam meningkatkan aktifitas belajar siswa. Analisis soal menunjukkan peningkatan nilai rata-rata kelas deduktif sebanyak 13,4615 dan peningkatan pada kelas induktif sebesar 7,2263. Analisis secara statistik menunjukkan adanya perbedaan pemahaman konsep antara penggunaan pendekatan deduktif dan induktif. Kesimpulan yang diperoleh berdasarkan analisis menggunakan teknik triangulasi menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan deduktif pada pokok bahasan Kimia dan Materi serta Klasifikasi Materi lebih efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa dibandingkan dengan pendekatan induktif, sedangkan pada pokok bahasan Teori Kinetik, pendekatan induktif lebih efektif dibandingkan pendekatan deduktif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pemahaman konsep, induktif, deduktif.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 28 Jun 2019 16:49
Last Modified: 28 Jun 2019 16:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32249

Actions (login required)

View Item View Item