ANALISIS KECERDASAN LOGIS MATEMATIS DAN INTERPERSONAL SISWA MELALUIMODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN PRODUK MIND MAP
Widadus Sangadah , 4301413078 (2017) ANALISIS KECERDASAN LOGIS MATEMATIS DAN INTERPERSONAL SISWA MELALUIMODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN PRODUK MIND MAP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (ANALISIS KECERDASAN LOGIS MATEMATIS DAN INTERPERSONAL SISWA MELALUIMODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN PRODUK MIND MAP)
- Published Version
Download (514kB) | Preview |
Abstract
Penelitian studi kasus ini bertujuan untuk menganalisis kecerdasan logis matematis dan interpersonal siswa melalui model project based learning dengan produk mind map. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Wonosobo yang merupakan sekolah terbaik di Kabupaten Wonosobo. Sampel terdiri dari dua kelas eksperimen yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Analisis kecerdasan logis matematis dan interpersonal siswa dilakukan dengan menerapkan model project based learning. Kecerdasan logis matematis diukur dengan soal pretest-posttest yang dibuat berdasarkan aspek kecerdasan logis matematis. Kecerdasan interpersonal diukur melalui observasi selama pembelajaran. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap model project based learning yang diukur dengan lembar angket. Hasil dari penelitian ini, kecerdasan logis matematis siswa kelas eksperimen 1 sebesar 77,97 sedangkan kelas eksperimen 2 sebesar 78, dari skor maksimal 100. Kecerdasan interpersonal siswa kelas eksperimen 1 sebesar 75,91%, sedangkan kelas eksperimen 2 sebesar 75,96%. Tingkat kecerdasan logis matematis dan interpersonal siswa juga dianalisis pada setiap aspeknya. Hasil angket tanggapan siswa adalah sebanyak 20 dari 60 siswa menyatakan sangat setuju, sementara 40 siswa lainnya setuju. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa, kecerdasan logis matematis siswa berada pada kategori sangat baik, kecerdasan interpersonal siswa juga berada pada kategori sangat baik. Tingkat kecerdasan logis matematis tertinggi dari kedua kelas eksperimen yaitu pada aspek kemampuan membuat hipotesis. Hampir seluruh siswa pada kedua kelas eksperimen dapat membuat hipotesis dari percobaan pembakaran kertas pada kedua wadah yang berbeda. Mereka dapat membuat hipotesis berkaitan dengan percobaan tersebut setelah mempelajari secara berkelompok konsep dasar reaksi reduksi dan oksidasi. Sementara itu, pada kecerdasan interpersonal aspek kemampuan pengolahan empati pada kedua kelas eksperimen memiliki persentase paling tinggi dibandingkan dengan aspek lainnya. Kemampuan pengolahan empati ini terlihat pada saat kerjasama pembuatan proyek serta pada saat presentasi mind map. Siswa dengan kemampuan pengolahan empati sangat baik memiliki kontribusi dan kepedulian yang tinggi pada kelompoknya. Secara keseluruhan siswa setuju dengan penerapan model project based learning dengan produk mind map pada materi redoks.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kecerdasan logis matematis, kecerdasan interpersonal, project based learning |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) Q Science > QD Chemistry |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1 |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 28 Jun 2019 16:43 |
Last Modified: | 28 Jun 2019 16:43 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32248 |
Actions (login required)
View Item |