DESAIN LEMBAR KERJA PRAKTIKUM TERINTEGRASI SCIENTIFIC APPROACH BERBASIS CHEMO-ENTREPRENEURSHIP UNTUK ANALISIS KETERAMPILAN LABORATORIUM SISWA KELAS XI


Mazro’atun Nikmah , 4301413075 (2017) DESAIN LEMBAR KERJA PRAKTIKUM TERINTEGRASI SCIENTIFIC APPROACH BERBASIS CHEMO-ENTREPRENEURSHIP UNTUK ANALISIS KETERAMPILAN LABORATORIUM SISWA KELAS XI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of DESAIN LEMBAR KERJA PRAKTIKUM TERINTEGRASI SCIENTIFIC APPROACH BERBASIS CHEMO-ENTREPRENEURSHIP UNTUK ANALISIS KETERAMPILAN LABORATORIUM SISWA KELAS XI]
Preview
PDF (DESAIN LEMBAR KERJA PRAKTIKUM TERINTEGRASI SCIENTIFIC APPROACH BERBASIS CHEMO-ENTREPRENEURSHIP UNTUK ANALISIS KETERAMPILAN LABORATORIUM SISWA KELAS XI) - Published Version
Download (354kB) | Preview

Abstract

Ketersediaan sarana dan prasarana sebagai pendukung keberhasilan dalam pembelajaran terkadang tidak mencukupi proses pembelajaran secara mandiri atau individu. Lembar Kerja Siswa (LKS) merupakan salah satu sarana yang digunakan sebagai bahan ajar untuk membantu siswa dalam proses belajar. LKS kimia yang tersedia berisikan materi, latihan soal dan lembar kerja praktikum, sehingga siswa tidak mampu merencanakan alat dan bahan yang diperlukan. Oleh karena itu perlu dikembangkan LKS khusus. LKP terintegrasi scientific approach berbasis chemo-entrepreneurship untuk analisis keterampilan laboratorium yang dikembangkan diharapkan mampu menjawab permasalahan serta mampu meningkatkan keterampilan laboratorium siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, keefektifan, tanggapan siswa terhadap LKP yang dikembangkan dan mengetahui minat wirausaha. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan yang dirancang dengan desain Research and Development. Desain ini menggunakan 3D yaitu Design, Define, and Develop. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2016/2017 di SMA Negeri 12 Semarang pada siswa kelas XII untuk menguji keterbacaan dan kelayakan serta kelas XI untuk menguji kelayakan,keefektifan, tanggapan terhadap LKP dan minat wirausaha. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kuantitatif dengan menghitung rerata persentase skor, rerata skor dan menentukan kriteria pada interval kelas tertentu. Hasil analisis data tersebut menunjukkan bahwa LKP memperoleh rata-rata 84,75% dengan kriteria sangat layak, sehingga dinyatakan layak secara teoritis. LKP dinyatakan efektif karena rerata nilai pada masing-masing aspek berada dalam kriteria baik. Indikator keterampilan laboratorium yang memperoleh skor tertinggi berdasarkan observasi yaitu keterampilan menganalisis data sedangkan untuk keterampilan mengkomunikasikan mendapat skor rendah. Data angket tanggapan siswa terhadap LKP mendapat respon baik dengan persentase klasikal 94,60%. Selain itu, minat wirausaha yang dimiliki siswa juga kuat dengan rata-rata klasikal sebesar 3,18. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa LKP terintegrasi scientific approach berbasis chemo-entrepreneurship untuk analisis keterampilan laboratorium siswa dinyatakan layak, efektif dan mendapat tanggapan positif dari penggunanya sehingga dapat diterapkan dalam pembelajaran kimia.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Scientific approach;Chemo-entrepreneurship;Keterampilan Laboratorium;LKP.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 28 Jun 2019 13:36
Last Modified: 28 Jun 2019 13:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32247

Actions (login required)

View Item View Item