PENINGKATAN KETRAMPILAN PROSES SAINS SISWA DENGAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS ETNOSAINS BERVISI SETS


Fahmi Rizal , 4301413074 (2017) PENINGKATAN KETRAMPILAN PROSES SAINS SISWA DENGAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS ETNOSAINS BERVISI SETS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KETRAMPILAN PROSES SAINS SISWA DENGAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS ETNOSAINS BERVISI SETS]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETRAMPILAN PROSES SAINS SISWA DENGAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS ETNOSAINS BERVISI SETS) - Published Version
Download (584kB) | Preview

Abstract

Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan proses sains siswa dan mengetahui perbedaan keterampilan proses sains siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kompetensi yang dipakai pada penelitian ini adalah kompetensi terkait reaksi redoks. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA SMA Negeri 1 Salatiga tahun ajaran 2016/2017. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Desain penelitian eksperimen yang digunakan adalah pretest-postest control group design. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan metode tes dan lembar observasi. Peningkatan keterampilan proses sains dianalisis dengan menggunakan persamaan N-Gain sedangkan pengaruh keterampilan proses sains dianalisis dengan menggunakan persamaan Uji-t. Hasil N-Gain dari data pretest dan postest menunjukkan adanya peningkatan keterampilan proses sains dengan peningkatan tertinggi pada aspek memprediksi sebesar 0,608 dengan kriteria sedang, sedangkan pada aspek mengamati, menyimpulkan dan mengkomunikasikan juga mengalami peningkatan keterampilan proses sains dengan N-Gain berturut turut 0,442, 0,472, dan 0,545 dengan kriteria sedang. Hasil Uji-t dari data lembar observasi siswa menunjukkan terdapat perbedaan keterampilan proses sains siswa secara signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol dengan nilai thitung 8,270 lebih besar dari ttabel 2,01 sehingga Ho ditolak. Berdasarkan hasil analisis data ini maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran berbasis etnosains bervisi SETS dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa dan terdapat perbedaan keterampilan proses sains siswa secara signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: etnosains; keterampilan proses sains; visi SETS
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 28 Jun 2019 12:51
Last Modified: 28 Jun 2019 12:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32246

Actions (login required)

View Item View Item