ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP ASAM BASA SISWA KELAS XI SMA MENGGUNAKAN BAHAN AJAR MULTI REPRESENTASI (DEFINITIF, MAKROSKOPIS, MIKROSKOPIS, SIMBOLIK


Cahya Wulandari , 4301413068 (2017) ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP ASAM BASA SISWA KELAS XI SMA MENGGUNAKAN BAHAN AJAR MULTI REPRESENTASI (DEFINITIF, MAKROSKOPIS, MIKROSKOPIS, SIMBOLIK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP ASAM BASA SISWA KELAS XI SMA MENGGUNAKAN BAHAN AJAR MULTI REPRESENTASI (DEFINITIF, MAKROSKOPIS, MIKROSKOPIS, SIMBOLIK]
Preview
PDF (ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP ASAM BASA SISWA KELAS XI SMA MENGGUNAKAN BAHAN AJAR MULTI REPRESENTASI (DEFINITIF, MAKROSKOPIS, MIKROSKOPIS, SIMBOLIK) - Published Version
Download (760kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyusun bahan ajar yang mencakup aspek definitif, makroskopis, mikroskopis, dan simbolik untuk keperluan analisis pemahaman konsep siswa dan untuk mengestimasi validitas isi bahan ajar menggunakan validator/ expert judgment. Penelitian ini diterapkan pada tiga kelas eksperimen. Kelas ekspreimen pertama diberi treatment satu bahan ajar multi representasi untuk satu siswa, kelas eksperimen kedua satu bahan ajar multi representasi untuk dua siswa, dan kelas eksperimen ketiga tidak menggunakan bahan ajar multi representasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang digunakan valid denngan skor 62 dari skor total 75. Setelah dilakukan treatment, hasilnya siswa yang paham konsep 72,934 %, kurang paham konsep 7,977 %, tidak paham konsep 8,831 %, dan miskonsepsi 10,256 %. Sedangkan kelas yang lainnya, dilakukan setengah treatment hasilnya siswa yang paham konsep 54,970 %, kurang paham konsep 5,263 %, tidak paham konsep 11,988 %, dan miskonsepsi 27,777 %. Kelas yang tidak dilakukan treatment, hasilnya siswa yang paham 48,538 %, kurang paham konsep 14,619 %, tidak paham konsep 26,608 %, dan miskonsepsi 10,233 %. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa penerapan bahan ajar multi representasi dapat digunakan untuk analisis pemahaman konsep asam-basa siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: bahan ajar, multi representasi, pemahaman konsep.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 28 Jun 2019 12:50
Last Modified: 28 Jun 2019 12:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32245

Actions (login required)

View Item View Item