KEEFEKTIFAN METODE PRAKTIKUM KOLOID BERPENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA


Siti Rejeki , 4301413064 (2017) KEEFEKTIFAN METODE PRAKTIKUM KOLOID BERPENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN METODE PRAKTIKUM KOLOID BERPENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN METODE PRAKTIKUM KOLOID BERPENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA) - Published Version
Download (329kB) | Preview

Abstract

Metode pembelajaran yang tepat sangat mempengaruhi pemahaman siswa terhadap materi pelajaran dan hasil belajar terutama pada materi kimia. Siswa mudah bosan apabila penggunaan metode ceramah lebih dominan dalam pembelajaran, oleh karena itu diperlukan metode yang dapat membuat siswa aktif dan membuat suasana belajar menyenangkan, salah satunya yaitu metode praktikum berbasis inkuiri terbimbing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan metode praktikum koloid berpendekatan CTL berbasis inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar. Metode penelitian ini menggunakan True Experimental Design dengan tipe Posttest Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik Simple Random Sampling dan diperoleh kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen. Rata-rata hasil belajar siswa setelah diberi perlakuan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing sebesar 86,74 dan 82,11. Hasil uji perbedaan dua rata-rata hasil belajar diperoleh thitung (2,13) > ttabel (1,99) yang berarti bahwa ratarata hasil belajar kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Hasil uji ketuntasan belajar klasikal pada kelas eksperimen diperoleh thitung (8,06) > ttabel(2,026), yang berarti bahwa pada kelas eksperimen telah tercapai ketuntasan belajar. Hasil analisis deskriptif aspek afektif dan psikomotorik siswa menunjukkan kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Simpulan dalam penelitian ini adalah penerapan metode praktikum koloid berpendakatan CTL berbasis inkuiriri terbimbing efektif terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Contextual Teaching and Learning; Hasil Belajar; Inkuiri Terbimbing; Praktikum
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 28 Jun 2019 13:35
Last Modified: 28 Jun 2019 13:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32238

Actions (login required)

View Item View Item