PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PRAKTIKUM SISWA TERINTEGRASI GUIDED INQUIRY UNTUK ANALISIS KETERAMPILAN LABORATORIUM SISWA SMA MATERI BUFFER - HIDROLISIS


Aulia Parahita , 4301413050 (2017) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PRAKTIKUM SISWA TERINTEGRASI GUIDED INQUIRY UNTUK ANALISIS KETERAMPILAN LABORATORIUM SISWA SMA MATERI BUFFER - HIDROLISIS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PRAKTIKUM SISWA TERINTEGRASI GUIDED INQUIRY UNTUK ANALISIS KETERAMPILAN LABORATORIUM SISWA SMA MATERI BUFFER - HIDROLISIS]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PRAKTIKUM SISWA TERINTEGRASI GUIDED INQUIRY UNTUK ANALISIS KETERAMPILAN LABORATORIUM SISWA SMA MATERI BUFFER - HIDROLISIS) - Published Version
Download (315kB) | Preview

Abstract

Kegiatan praktikum merupakan bagian yang sangat berperan dalam proses pembelajaran kimia. Komponen penting untuk diperhatikan dalam pembelajaran di laboratorium salah satunya yakni Lembar Kerja Praktikum Siswa (LKPS). Keberadaan LKPS belum pernah ada di SMA Negeri 1 Mertoyudan. Petunjuk praktikum yang digunakan tertera pada LKS dan bahan ajar yang dipesan dari penerbit yang di dalamnya terdapat materi pelajaran, soal latihan, dan beberapa petunjuk praktikum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, keefektifan, kepraktisan dan respon user terhadap LKPS. Penelitian ini dirancang dengan desain Research and Development. Desain ini menggunakan 4-D Models yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Metode penelitian dilakukan dengan metode wawancara, metode observasi, metode angket, metode tes, dan metode dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data tersebut menunjukkan bahwa LKPS dinyatakan valid digunakan dengan rerata skor validasi sebesar 65,25 dari skor total 76 dengan kriteria sangat valid. LKPS dinyatakan efektif karena > 24 siswa mencapai nilai KKM pada tes soal evaluasi dan keterampilan laboratorium siswa mendapatkan predikat baik. LKPS dinyatakan praktis ditunjukkan dengan perolehan rerata skor tanggapan siswa pada uji coba skala kecil sebesar 33 dari skor total 40 dengan kriteria praktis dan rerata skor tanggapan guru sebesar 60,5 dari skor total 72 dengan kriteria sangat praktis. Uji coba skala besar rerata skor tanggapan siswa sebesar 34 dari skor total 40 dengan kriteria sangat praktis. Implementasi rerata skor tanggapan siswa sebesar 30 dari skor total 40 dengan kriteria praktis. LKPS juga mendapat respon baik dari penggunanya dengan perolehan rerata skor respon user pada uji coba skala kecil sebesar 32 dari skor total 40 dengan kriteria baik. Uji coba skala besar rerata skor respon user sebesar 33 dari skor total 40 dengan kriteria sangat baik. Implementasi rerata skor respon user sebesar 29,5 dari skor total 40 dengan kriteria baik. Simpulan yang diperoleh adalah LKPS terintegrasi guided inquiry untuk analisis keterampilan laboratorium siswa SMA materi buffer-hidrolisis dinyatakan valid, efektif, praktis dan mendapat respon positif dari penggunanya sehingga dapat diterapkan dalam pembelajaran kimia.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Guided Inquiry; Keterampilan Laboratorium; LKPS.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 28 Jun 2019 13:35
Last Modified: 28 Jun 2019 13:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32236

Actions (login required)

View Item View Item