INOVASI BAHAN AJAR REDOKS DENGAN PENDEKATAN MULTIREPRESENTASI DAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING UNTUK ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS X SMA


Lastri, 4301413039 (2017) INOVASI BAHAN AJAR REDOKS DENGAN PENDEKATAN MULTIREPRESENTASI DAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING UNTUK ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS X SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of INOVASI BAHAN AJAR REDOKS DENGAN PENDEKATAN MULTIREPRESENTASI DAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING UNTUK ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS X SMA]
Preview
PDF (INOVASI BAHAN AJAR REDOKS DENGAN PENDEKATAN MULTIREPRESENTASI DAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING UNTUK ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS X SMA) - Published Version
Download (267kB) | Preview

Abstract

Bahan ajar merupakan salah satu sarana pendukung keberhasilan pembelajaran. Bahan ajar harus memiliki karakteristik tertentu supaya dapat memberikan hasil yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan dan keefektifan bahan ajar untuk analisis pemahaman konsep siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D). Desain penelitian yang digunakan yaitu model pengembangan Sugiyono yang dimodifikasi. Model pengembangan tersebut terdiri dari 10 tahap yaitu identifikasi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk dan produk final. Metode pengambilan data yang dilakukan yaitu metode observasi, angket, tes dan dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil validasi kelayakan isi, penyajian, bahasa, kegrafisan dan kepraktisan berturut-turut mendapat rerata skor 17.8/20, 25.2/28, 35.6/40, 17.3/20 dan 18.7/20. Keefektifan bahan ajar ditinjau dari ketuntasan klasikal dan pemahaman konsep siswa. Ketuntasan klasikal siswa yaitu sebanyak 28 siswa tuntas dari 36 siswa atau sebesar 77.78%. Pemahaman konsep siswa dianalisis tiap butir dan tiap indikator. Pemahaman konsep siswa secara keseluruhan adalah 53.33%. Bahan ajar yang dikembangkan memberikan tanggapan positif dengan 8 siswa memberikan tanggapan sangat baik dan 28 siswa memberikan tanggapan baik. Berdasarkan hasil penelitian bahan ajar yang dikembangkan layak, praktis dan efektif untuk analisis pemahaman konsep siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: bahan ajar; Contextual Teaching Learning; multirepresentasi; pemahaman konsep
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 28 Jun 2019 12:50
Last Modified: 28 Jun 2019 12:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32231

Actions (login required)

View Item View Item