KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN DI LABORATORIUM BERBASIS HANDS ON TEKNIK CHALLENGE EXPLORATION ACTIVITY TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN SISWA


Widia Astutik , 4301413036 (2017) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN DI LABORATORIUM BERBASIS HANDS ON TEKNIK CHALLENGE EXPLORATION ACTIVITY TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN DI LABORATORIUM BERBASIS HANDS ON TEKNIK CHALLENGE EXPLORATION ACTIVITY TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN SISWA]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN DI LABORATORIUM BERBASIS HANDS ON TEKNIK CHALLENGE EXPLORATION ACTIVITY TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN SISWA) - Published Version
Download (360kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran kimia dianggap tidak lengkap tanpa melibatkan praktikum. Siswa hanya mengikuti petunjuk praktikum tanpa tahu tujuan langkah demi langkah yang berakibat pada kurangnya pemahaman siswa. Pembelajaran di laboratorium berbasis hands on activity teknik challenge exploration activity merupakan salah satu strategi pembelajaran yang dapat membangun pemahaman konsep siswa serta berhasil dalam proses ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran di laboratorium berbasis hands on activity teknik challenge exploration activity terhadap pemahaman konsep dan keterampilan siswa pada materi titrasi asam basa. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen. Langkah-langkahnya meliputi tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap analisis data dan tahap pengambilan kesimpulan. Populasi penelitian ini adalah kelas XI IPA SMA Negeri 1 Gebog Kudus tahun pelajaran 2016/2017. Kelas kontrol dan kelas eksperimen dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 4 dan XI IPA 5 yang ditentukan secara cluster random sampling. Desain penelitian yang dipakai adalah post-test only design. Metode pengumpulan data meliputi metode tes, metode observasi dan metode angket. Berdasarkan uji t hasil tes pemahaman konsep diperoleh thitung (3,213) > ttabel (1,666) dengan ketuntasan klasikal pada kelas eksperimen sebesar 78,95%. Hasil analisis pemahaman konsep siswa diperoleh kelas eksperimen sebesar 58,95% dan kelas kontrol sebesar 29,61%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran di laboratorium berbasis hands on activity teknik challenge exploration activity efektif terhadap pemahaman konsep dan keterampilan siswa pada materi titrasi asam basa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep; Keterampilan Siswa; Hands On Activity dan Keefektifan.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 28 Jun 2019 12:47
Last Modified: 28 Jun 2019 12:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32230

Actions (login required)

View Item View Item