PENGARUH PROBLEM-BASED LEARNING BERORIENTASI KEARIFAN LOKAL TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA PADA MATERI HIDROLISIS DAN PENYANGGA SISWA KELAS XI


Isnaini Rahayu, 4301413027 (2017) PENGARUH PROBLEM-BASED LEARNING BERORIENTASI KEARIFAN LOKAL TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA PADA MATERI HIDROLISIS DAN PENYANGGA SISWA KELAS XI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PROBLEM-BASED LEARNING BERORIENTASI KEARIFAN LOKAL TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA PADA MATERI HIDROLISIS DAN PENYANGGA SISWA KELAS XI]
Preview
PDF (PENGARUH PROBLEM-BASED LEARNING BERORIENTASI KEARIFAN LOKAL TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA PADA MATERI HIDROLISIS DAN PENYANGGA SISWA KELAS XI) - Published Version
Download (250kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh dan besarnya pengaruh Problem-based Learning berorientasi kearifan lokal terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sokaraja pada materi hidrolisis garam dan larutan penyangga. Eksperimen ini menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel yang digunakan sebanyak dua kelas dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Data dikumpulkan menggunakan metode dokumentasi, observasi, dan tes kemudian dianalisis menggunakan uji parametrik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Problem-based Learning berorientasi kearifan lokal berpengaruh terhadap hasil belajar kimia pada materi hidrolisis dan penyangga. Berdasarkan uji perbedaan dua rata-rata (satu pihak kanan), diperoleh thitung sebesar 2,60 lebih tinggi dari ttabel 2,00, hal ini menunjukkan bahwa hasil posttest kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Uji besarnya pengaruh diperoleh harga koefisien biserial (rb) sebesar 0,42, sehingga terdapat pengaruh yang signifikan dengan koefisien determinasi sebesar 17,78%. Rerata aspek afektif kelas eksperimen 14,10 lebih baik daripada rerata kelas kontrol sebesar 13,35 sedangkan pada aspek psikomotorik rerata kelas ekperimen sebesar 35,40 lebih baik dari kelas kontrol sebesar 33,98. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Problem-based Learning berorientasi kearifan lokal berpengaruh terhadap hasil belajar kimia pada materi hidrolisis dan penyangga.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Problem-based Learning, hasil belajar, hidrolisis, penyangga
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 28 Jun 2019 12:46
Last Modified: 28 Jun 2019 12:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32226

Actions (login required)

View Item View Item