PENERAPAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS DAN MENGEMBANGKAN PRODUK SEPEDA MOTOR HONDA BLADE


Argis Kamukti Kreswipihono , 4112313030 (2017) PENERAPAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS DAN MENGEMBANGKAN PRODUK SEPEDA MOTOR HONDA BLADE. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4112313030.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Permintaan konsumen akan produk sepeda motor saat ini semakin lama semakin meningkat. Sehingga banyak bermunculan merk-merk baru, yang mengakibatkan persaingan kualitas maupun harga di pasaran yang semakin ketat. Honda merupakan salah satu perusahaan motor yang terbesar dan selalu menguasai pangsa pasar. Salah satu produk sepeda motor Honda yaitu Honda Blade. Produk ini kurang diminati oleh konsumen, sehingga permintaan dipasaran juga kurang. Untuk mendapatkan masukan sehingga bisa menghasilkan produk yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan atau keinginan konsumen digunakan metode Quality Function Deployment (QFD). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merencanakan dan mengembangkan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen. Pengumpulan data primer dilakukan dengan wawancara, observasi dan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengendara sepeda motor Honda Blade di Kota Pekalongan. Penyebaran kuesioner dilakukan melalui dua tahap yaitu tahap awal dan tahap akhir. Analisis data memuat uraian mengenai analisis dari metode QFD yang meliputi analisis tingkat kepentingan konsumen, evaluasi tingkat kepuasan konsumen, penentuan prioritas dari kepentingan teknik yang akan dikembangkan agar dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Dari hasil metode QFD untuk tiap kebutuhan konsumen, yang dianggap sangat penting yaitu Rangka motor yang kuat, Adanya pemberian bonus/hadiah pada saat pembelian, Emisi gas buang yang rendah, Dapat digunakan untuk berbagai kondisi jalan, Memiliki penutup rantai, Kualitas ban yang baik, Umur mesin tahan lama, Kemudahan untuk memperoleh suku cadang, Pelayanan yang baik dari bengkel-bengkel resmi yang tersedia, Landasan/pijakan kaki yang nyaman dan Pemakaian bahan bakar yang hemat. Setelah menggunakan sepeda motor Honda Blade, yang dinilai sangat puas oleh konsumen adalah mesin tahan karat yang hemat dengan tingkat kepuasan sebesar 4,833. Berdasarkan kepentingan teknik, yang memiliki kontribusi terbesar dan menjadi prioritas untuk dikembangkan dan ditingkatkan kualitasnya adalah material bodi motor dengan kontribusi sebesar 1,691. Saran, agar konsumen tetap merasa puas terhadap Honda Blade sebaiknya dalam pengembangan produk selanjutnya perlu memperhatikan kepentingan teknik yang menjadi prioritas supaya dapat menghasilkan produk yang berkualitas dan sesuai dengan keinginan konsumen.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Quality Function Deployment, Sepeda Motor
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika Terapan dan Komputasi, D3
Depositing User: S.Kom Heru Setyanto
Date Deposited: 28 Jan 2019 19:53
Last Modified: 05 Apr 2019 14:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32222

Actions (login required)

View Item View Item