PENERAPAN METODE ARIMA BOX-JENKINS UNTUK PERAMALAN PASIEN RAWAT JALAN DI RSUD KARTINI KABUPATEN JEPARA BERBANTUAN EVIEWS


Sri Wisnu Suseno , 4112313027 (2017) PENERAPAN METODE ARIMA BOX-JENKINS UNTUK PERAMALAN PASIEN RAWAT JALAN DI RSUD KARTINI KABUPATEN JEPARA BERBANTUAN EVIEWS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4112313027.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (421kB) | Preview

Abstract

Rumah sakit adalah institusi pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna yang menyediakan pelayanan rawat jalan, rawat inap dan gawat darurat. Rumah Sakit Umum Daerah Kartini Kabupaten Jepara merupakan salah satu rumah sakit yang memberikan pelayanan kesehatan dan membutuhkan penyusunan suatu program, oleh karena banyaknya jumlah kunjungan pasien di rumah sakit tersebut dan pada umumnya tiap tahunnya mengalami peningkatan. Perkiraan waktu yang akan datang berdasarkan data lampau yang dianalisis secara ilmiah disebut dengan peramalan. Metode ARIMA Box-Jenkins adalah metode peramalan yang menggunakan data runtun waktu sebagai forcase data periode yang akan datang. Model Box-Jenkins ARIMA baik digunakan untuk ramalan jangka pendek, hal ini karena model ARIMA memberi penekanan lebih pada data terdekat sebelumnya, dibandingkan dengan data yang sangat lampau. Tujuan penilitian ini adalah untuk mengetahui model persamaan metode Box- Jenkins, mengetahui hasil analisi peramalan jumlah pasien rawat jalan RSUD Kartini menggunakan Eviews dan mengetahui hasil peramalan jumlah pasien rawat jalan RSUD Kartini Kabupaten Jepara periode Januari 2013 – Januari 2017. Data yang digunakan adalah data jumlah pasien rawat jalan RSUD Kartini Kabupaten Jepara periode Januari 2013 – Januari 2017 serta metode yang digunakan dalam penilitian ini adalah metode ARIMA Box-Jenkins. Hasil dari penelitian diperoleh persamaan:

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peramalan, ARIMA Box-Jenkins, Pasien Rawat Jalan
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika Terapan dan Komputasi, D3
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 28 Jan 2019 19:47
Last Modified: 28 Jan 2019 20:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32221

Actions (login required)

View Item View Item