HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PRAKTEK TATA BUSANA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT TEKNOLOGI BUSANA KELAS X SMK SUDIRMAN 2 WONOGIRI
Siti Miftakul Jannah , 5402405026 (2010) HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PRAKTEK TATA BUSANA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT TEKNOLOGI BUSANA KELAS X SMK SUDIRMAN 2 WONOGIRI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PRAKTEK TATA BUSANA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT TEKNOLOGI BUSANA KELAS X SMK SUDIRMAN 2 WONOGIRI)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Berkembangnya teknologi dalam bidang pendidikan menuntut semakin sadarnya para pendidik untuk menggunakan media dalam menyampaikan pesan baik secara visual maupun audio visual. Perkembangan awal media sendiri hanya dianggap sebagai alat bantu mengajar guru tetapi seiring berkembangnya waktu dan teknologi media dapat memberikan pengalaman secara konkret, motivasi belajar serta mempertinggi daya serap dan retensi belajar siswa. Dari perkembangan tersebut peneliti tertarik untuk mengkaji permasalahan : 1) Adakah pengaruh penggunaan media pembelajaran praktek tata busana terhadap hasil belajar siswa pada mata diklat teknologi busana kelas X SMK Sudirman 2 Wonogiri?, dan 2) Seberapa besarkah pengaruh penggunaan media pembelajaran praktek tata busana terhadap hasil belajar siswa pada mata diklat teknologi busana kelas X SMK Sudirman 2 Wonogiri?. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui adakah pengaruh penggunaan media pembelajaran praktek tata busana terhadap hasil belajar siswa pada mata diklat teknologi busana kelas X SMK Sudirman 2 Wonogiri, dan 2) Mengetahui Seberapa besarkah pengaruh penggunaan media pembelajaran praktek tata busana terhadap hasil belajar siswa pada mata diklat teknologi busana kelas X SMK Sudirman 2 Wonogiri. Obyek penelitian ini adalah SMK Sudirman 2 Wonogiri. Variabel pada penelitian ini ada dua yaitu variabel terikat dan variabel bebas. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode kuesioner dan metode dokumentasi sedangkan metode observasi sebagai metode pendamping dalam penelitian ini. Analisis datanya menggunakan analisis deskripsi persentase. Kemudian diuji normalitas datanya dan dianalisis kedalam analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan penggunaan media pembelajaran praktek tata busana dengan hasil belajar siswa pada mata diklat teknologi busana kelas X SMK Sudirman 2 Wonogiri sebesar 38,78 %. Hasil tersebut dapat dilihat dari jumlah responden terbesar dengan krtiteria sedang. Mengacu pada hasil tersebut maka disarankan : 1) Diharapkan para guru pengampu mata diklat yang berhubungan dengan praktek menggunakan media pembelajaran sehingga siswa akan lebih mudah memahami materi yang diberikan oleh guru, 2) Hasil belajar siswa termasuk dalam kategori sedang, maka perlu ditingkatkan lagi sehingga setelah lulus siswa memiliki bekal keterampilan yang dapat digunakan untuk mencari pekerjaan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Hasil Belajar, Mata Diklat Teknologi Busana. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, S1 |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 10 Aug 2011 03:31 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 05:06 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/3222 |
Actions (login required)
View Item |